SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-05-2022
  • 1 tahun yang lalu / Dies Natalis SMAN 2 Cikarang Utara ke 35 # Maju Terus SMANDACITRA Ukir Prestasi Demi Nama Baik Almamater
THE ART TO INSPIRE_DN 35 SMANDACITRA

THE ART TO INSPIRE

Penulis: HUMAS SMANDA CITRA

 

Dari Wikipedia, dies natalis adalah suatu peringatan atas hari lahir yang di dalam sejumlah besar budaya dianggap sebagai peristiwapenting yang menandai awal perjalanan kehidupan. Oleh karena itu, secara turun-temnurun peringatan itu dirayakan dengan penuh rasa syukur dan kebahagiaan. Peristiwa itu disambut dengan pengharapan akan makin bertambahnya kedewasaan. Peristiswa ini biasanya lebih dikenal di kalangan organisasi atau perguruan tinggi. Berdasarkan itu juga, tidak hanya bagi manusia, pertambahan usia bagi organisasi pun selalu dikaitkan dengan tingkat kedewasaan. Apalagi bagi sebuah perguruan tinggi yang memiliki fungsi utama melahirkan para ilmuawan akademisi yang berkualitas (id.m.wikipedia.org).

Bagi lembaga pendidikan (baca: SMA), perayaan dies natalis merupakan acara perayaan hari ulang tahun sekolah yang di adakan setiap tahunnya. Tujuan dari perayaan dies natalis ini di antaranya  untuk menanamkan jiwa kreativitas dan inovatif bagi peserta didik,   merupakan sarana  menunjukkan bakat.  Terlebih masa SMA adalah golden moment bagi para remaja, yang biasanya merupakan masa yang tak terlupakan sepanjang waktu. Karenanya, peran serta dan dukungan dari seluruh warga sekolah, terutama peserta didik dalam memeriahkan acara ini menjadi bagian penting.

Untuk mewujudkan hal itu, panitia yang akan ‘mengeksekusi’ kegiatan, segera bergerak. Seperti acara dies natalis di SMAN 2 Cikarang Utara yang digelar hari Kamis tanggal 27 Januari 2022. Murunut dari sejarah, SMAN 2 Cikarang Utara resmi berdiri tanggal 16 Januari. Tetapi mengingat kegiatan sekolah yang relatif padat dan menunggu lampu hijau dari pemerintah terkait kondisi penyebaran  pandemi Covid-19 maka acara dijadwalkan pada waktu yang tepat.

Pukul 07.00 WIB acara siap digelar. Mengusung tema “The Art To Inspire” (Seni Yang Menginspirasi) dan nama acara “Satukan Cita Dalam Beragam Seni Untukmu SMANDA CITRA” (STARS). Acara ini akan dihadiri oleh para guru, tenaga kependidikan (tata usaha dan karyawan), dan seluruh siswa menyaksikan acara di lapangan sekolah dan juga bisa disaksikan secara live streaming melalui kanal Youtube  @SMAN2 Cikarang Utara. Dipandu oleh dua pewara: Mutiara dan Arby acara berlangsung meriah. Sebagai tunduk patuh kepada Sang Pencipta, sebelum seluruh rangkaian acara digelar, sepatutnya tengadah kepada Allah diutamakan. Pembacaan doa dipimpin Sukanta, S.Pd., M.Si.  Didahului oleh prosesi kirab oleh Pasukan Pengibar Bendera dan Putra-putri Sekolah dirangkaikan dengan pembacaan sejarah sekolah oleh Ibu Edah Jubaedah dan Pak Asep Syaefudin. Keduanya merupakan guru senior dan begitu memahami sejarah sekolah dari awal dibangun hingga saat ini.

Acara inti dimulai dengan menyimak bersama lantunan kalam Ilahi yang dibawakan oleh Salwa Nazara dari kelas X IPS-3 dan saritilawah oleh Fathira Wafa dari kelas X MIPA-5. Alhamdulillah, diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, semoga acara hari ini dapat berjalan dengan lancar. Selanjutnya penampilan tari tradisional berjudul ‘Pesona Sentara” oleh Ekstrakurikuler Seni Tari SMA Negeri 2 Cikarang Utara.

Acara Dies Natalis ini diprakarsai oleh Humas SMAN 2 Cikarang Utara  berkolaborasi dengan OSIS. Dikomandoi oleh Johan Amanda Maliku sebagai Ketua Panitia Pelaksana,  tampil ke panggung untuk menyampaikan Laporan Kegiatan. Diserangkaikan dengan sambutan Kepala Sekolah sekaligus membuka Dies Natalies ke-35 Tahun 2022.

“SMAN 2 Cikarang Utara ini merupakan sekolah lama karenanya  menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memajukan sekolah. Bersama-sama kita bisa menjadi kan sekolah yang jauh lebih maju dari sekarang. Atas nama pimpinan, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas jasa para pendiri sekolah. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Ibu dan Bapak Guru, Tenaga Kependidikan,  seluruh karyawan  yang telah berkontribusi terhadap sekolah”, urai Drs. Mohammad Ilham Hasan, M.M. selaku Kepala Sekolah dalam kata sambutannya.   Dengan memukul gong sebagai penanda acara dimulai, Kepala Sekolah membuka acara secara resmi.

Pewara terus-menerus mengimbau seluruh hadirin: guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan tamu undangan (Komite dan perwakilan Desa Simpangan, Cikarang Utara) untuk selalu menjaga dan menerapkan protokol kesehatan.

Pemotongan tumpeng  menjadi prosesi tahunan yang membudaya kala peringatan dies natalis.   Dipandu oleh Sukanta, S.Pd. dan Mohammad Ade Irawan, S.Pd. seremonial pemotongan tumpeng berlangsung  khidmad dan tertib. prosesi yaitu pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Kepala SMA Negeri 2 Cikarang Utara, kepada Bapak Drs. Mohammad Ilham Hasan, M.M. didampingi oleh Ibu Ade Herlastia, istri Kepala Sekolah.  Potongan tumpeng diserahkan kepada beberapa guru (Ibu Lilis Rosilawati, Ibu Yeni Iriani, Pak Asep Sutarsantana, Ibu Edah Jubaedah),  Pak Ade Supriatna (tenaga ketatausahaan), kepada para wakasek dan kasubag (Dwi Priyono, Saptu, Munabbi Riasah,  Lili Priyani, dan Lia Mutiara sebagai Kasubag), dan kepada Ketua OSISI (Fachrunnisa).

Tanggal 27 Januari 2022 sekaligus  hari ulang tahun kepala sekolah. Bapak Mohammad Ilham Hasan berusia 59 tahun di tahun 2022 ini. Sebagai ungkapan kebahagiaan atas pertambahan usia dan kenikmatan yang sudah dicurahkan Allah SWT, kue tart ulang tahun disiapkan oleh guru  dan siswa. Tiga kue tart menarik  dan enak dipersembahkan untuk kepala sekolah. Ditandai dengan peniupan lilin, kue tart  dipotong dan diberikan kepada Bu Yeni Iriani, Bu Lilis Rosilawati, Bu Ngatini, Bu Khoeriah, Pak Asep Sutarsantana, Pak Moh, Jaya, Pak Khoerudin (Petugas Keamanan), Afdhila (Petugas Kebersihan), Tenaga Kependidikan (Entan Sukartinah, Ani Suci, Ade Rahmad).

Acara berlanjut dengan  penampilan fashion show. Diperagakan oleh perwakilan Angkatan ke-33 dengan tema   baju adat nusantara.  Sambutan meriah dan suntikan semangat diteriakkan oleh para pendukung setiap kelas yang tampil melenggak lenggok di lapangan sekolah.

Di tengah-tengah acara, kehebohan  terjadi. Penonton yang semula tertib menikmati acara dari sudut-sudut sekolah, tetiba ambyar. Kehadiran bintang tamu: Vicky Prasetyo menjadi magnet menarik bagi seluruh warga sekolah. Sebagai seorang alumni, Vicky diundang secara khusus untuk memeriahkan acara. Begitu turun dari mobil yang membawakan membelah kemacetan dari Jakarta menuju Lemahabang, Vicky langsung disambut dengan gembita. Teriakan memanggil namanya menggema ke seluruh sisi sekolah, tempat Vicky menuntut ilmu tahun 2002 lalu. Baginya, kehadiran di almamater ini menguak memorinya atas kenangan masa indah remaja, saat bersama teman-temannya.

“Sekolah ini memiliki kenangan khusus bagi saya. Salam hormat saya sampaikan kepada para guru, kepada Ibu Edah, wali kelas saya, Bu Lili sebagai guru Bahasa Indonesia, dan semua Ibu Bapak guru yang sudah berjasa terhadap saya”, ungkap lelaki yang sering wara-wiri menghiasi layar kaca  dan juga di trending di media sosial.

Penampilan Vicky dibuka dengan lagu yang dipopulerkan oleh Cakra Khan  berjudul Kekasih Bayangan. Lalu, lagu kedua berduet dengan Kepala Sekolah membawakan lagu “Seperti Mati Lampu”. Lagu bergenre dangdut pop ini mampu ditampilkan Vicky dan Pak Ilham (kepala sekolah) dengan begitu menarik sehingga seluruh penonton terbawa gembira dan bersuka ria menyanyikan  lirik lagu bersama-sama.   Vicky Prasetyo bagi kami tetap membanggakan, terlepas dari semua cerita hidup yang dialaminya. Vicky tetap anak kami, alumni SMAN Lemahabang (nama sekolah saat Vicky bersekolah, yang sekarang sudah berganti nama menjadi SMAN 2 Cikarang Utara). Sebagai kenang-kenangan, panitia Dies Natalis menyerahkan kaos bertuliskan “SMANDA CITRA” berbingkai gambar hati. Kaos ini langsung dipakai oleh Vicky sambil menyudahi jumpa di sekolah tercinta.

Vicky berlalu keluar gerbang sekolah diikuti tatap mata kagum dan apresiasi baginya “Sang Gladiador”. Sementara itu,  acara terus berlangsung.  Berikutnya persembahan lagu dari Ekstrakurikuler Seni Musik Lemah Abang, Band Fourshine SMA Negeri 2 Cikarang Utara. Dilanjutkan dengan penampilan band oleh SMANDA BAND. SMANDA BAND adalah grup musik guru yang memiliki kesamaan hobi. Munabbi Riasah, Ade Irawan, Abdul Majid, dan Mohammad Ilham Hasan sebagai vokalis tampil memukau.

Untuk menambah meriah acara, panitia memberiakn doorprize bagi penonton yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pewara.  Pertanyaan pertama, Sebutkan visi SMA Negeri 2 Cikarang Utara! (“Cerdas berakhlak, unggul berprestasi, memiliki kecakapan hidup, yang berkarakter mulia, berbudaya dan berwawasan lingkungan”). – Pertanyaan kedua, Kapan tahun didirikannya SMA Negeri 2 Cikarang Utara? (SMA Negeri 2 Cikarang Utara didirikan pada tahun 1986). – Pertanyaan ketiga, Apa arti dari logo SMA Negeri 2 Cikarang Utara? (Logo SMA Negeri 2 Cikarang Utara mempunyai arti yaitu Semangat, Dinamis, Mengacu Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi tujuan sekolah sekarang ini yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing, baik masuk perguruan tinggi, dunia kerja dan dunia usaha). Selamat untuk yang mendapatkan hadiah, dan untuk kalian semua jangan berkecil hati karena akan ada lagi, makanya jangan kemana2 dulu ya tetep stay. Acara berikutnya adalah penampilan yang tidak kalah menarik yang akan ditampilkan oleh Angkatan 35. Beri tepuk tangan yang meriah. Mereka keren banget ya kak kompak lihai gemulai narinya. Iya dong ka pastinya karena mereka sudah latihan dari jauh2 hari untuk tampil di acara dies natalies ini Acara selanjutnya juga ga kalah menarik ka, karena tarian ini belum pernah ditampilkan di SMA Negeri 2 Cikarang Utara. Penasaran?? Penasara? oke baik langsung saja kita saksikan Tari Topeng dari Asmaraman dari kelas X MIPA. beri tepuk tangan yang meriah. Hai? Hallo? Haii? Hallo? Gimana keren ga temen? Keren dong ka pastinya… Sebelum ke acara berikutnya saya mau kita semua yang ada disini kita sama sama panggil xcoustix 3 kali ya. Langsung saja kita saksikan penampilan yang tidak kalah seru yang akan ditampilkan oleh Angkatan 33. Yaitu Band Xcoustic SMA Negeri 2 Cikarang Utara! Beri tepuk tangan yang meriah. Wah, gimana nih temen temen seru ga? Seru dong ka pastinya xcoustic gituloh. Acaranya berikutnya juga ga kalah asik, seru, tapi agak sedikit menegangkan karena akan ada persaingan ketat. Waduh persaingan apa tuh ka. Berantem? Yang saya maksud persaingan ketat adalah perwakilan ang 33, 34, dan 35 akan bersaing untuk mendapatkan juara 1 pada games kali ini kak Waww keren banget langsung saja kita panggil ini dia perwakilan games dari masing2 angkatan. Angkatan 33 mana suaranya? Ang34 mana suaranya? Dan Ang35 mana suaranya? Games yang pertama adalah Tebak Gambar Akan ada 2 soal tiap kelompok mendapat gambar yg berbeda2. panitia memberi gambar ke satu orang, kemudian orang itu melakukan peragaan ke tmn 1 kelompoknya begitu seterusnya, nah orang yg terakhir menyebutkan jawaban dr peragaan yg sdh diperagakan temannya. kelompok yg menjawab benar mendapat 1 point / 1 soal. Games yang ke-2 adalah Tebak lagu nusantara. Akan ada 3 lagu yang diberikan. panitia menyiapkan lirik lagu nusantara & lirik tsb dibacakan oleh google, tiap kelompok boleh berkumpul untuk berdiskusi, kelompok yg menjawab paling cepat & benar maka mendapat 1 point / soal. Congratulions buat ang… untuk yang belum menang jangan berkecil hati ya… Temen2 tau ga habis ini penampilan dari ang berapa? Wah apa ya ka, penasaran ga? Dari pada kita menebak2, langsung saja kita saksikan Dance Modern dari Angkatan 34. Mana suaranya ang34? Beri tepuk tanga yang meriah. Aduh aduh keren banget ya ka ? Iya dong kerennn, oh iya temen2 Masih semangat?? Masih semangat?? Mau hiburan apalagi?? Tenang aja teman2 habis ini akan ada band terakhir yaitu RAYENKAL Band, yuk temen temen yang disini kita coba panggil rayenkal 3x. Sebelum itu Saya Mutiara Hasan Saya Arby Baligh A.A Pamit undur diri. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Karena kebenaran hanya milik Allah SWT.

Untuk itu, kami menyelenggarakan acara ini agar bisa dikenang dan sebagai hari perayaan ulang tahun sekolah. Momen ini di ambil karena kita semua sama – sama ikut serta dalam acara tersebut, yang pastinya akan menjadi salah satu acara yang tidak akan terlupakan bagi kita semua. Diadakannya acara Dies Natalis ini juga sebagai bentuk apresiasi atas kemampuan SMA Negeri 2 Cikarang Utara dalam menjaga dan mengatur strategi untuk terus mempertahankan kepercayaan pemerintah dan masyarakat sebagai salah satu lembaga pendidikan yang senantiasa mencetak prestasi gemilang dan menghasilkan peserta didik yang cerdas, tangguh, dan berprestasi. Maka dari itu, kami selaku panitia pengurus OSIS SMA Negeri 2 Cikarang Utara beserta bimbingan para Dewan Guru mengadakan kegiatan Dies Natalis untuk memeriahkan acara ulang tahun serta menunjukkan minat dan bakat siswa/i SMA Negeri 2 Cikarang Utara terhadap beragam seni yang ada. Dalam acara ini kami mengusung tema

TINGGALKAN KOMENTAR