SEKILAS INFO
: - Sabtu, 02-07-2022
  • 1 tahun yang lalu / Dies Natalis SMAN 2 Cikarang Utara ke 35 # Maju Terus SMANDACITRA Ukir Prestasi Demi Nama Baik Almamater
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI AKSI SMANDA CITRA PEDULI SESAMA

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI AKSI
SMANDA CITRA PEDULI SESAMA
Reportase: Humas SMAN 2 Cikarang Utara
Seperti termaktub dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, dijelaskan bahwa PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. PPK merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa PPK termasuk upaya untuk menumbuhkan dan membekali generasi penerus bangsa agar memiliki bekal karakter baik, keterampilan literasi yang tinggi, dan memiliki kompetensi unggul abad 21. Keterampilan abad 21 mencakup berpikir kritis dan analitis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif .
Sebagai upaya untuk menanamkan pendidikan karakter mulia seperti yang diamanatkan dalam tujuan pendidikan nasional maka SMAN 2 Cikarang Utara menggelar aksi SMANDA CITRA PEDULI SESAMA. Ide awal tercetus dari Kepala Sekolah, Drs. Mohammad Ilham Hasan. Tersentuh dari bencana alam yang melanda Indonesia sejak bulan Februari lalu hingga kini, beliau mencanangkan aksi peduli terhadap sesama. Serta-merta ide baik ini disambut oleh seluruh warga sekolah.
Tenaga pendidikan (guru), tenaga kependidikan (ketatausahaan), dan seluruh karyawan sekolah melakukan aksi penggalangan dana. Dimulai sejak Rapat Anggota Tahunan Koperasi SMAN 2 Cikarang Utara tanggal 9 Februari 2021 lalu, donasi diberikan oleh seluruh peserta rapat hingga kini donasi masih dibuka. Aksi positif ini lalu diikuti oleh peserta didik. OSIS membentuk panitia untuk menjalankan aksi sosial. Dengan membuka rekening untuk mengumpulkan donasi dari para donatur, juga menerima sumbangan berupa beras, mie instan, dan kebutuhan pokok lainnya secara langsung.
Kolaborasi antara seluruh guru, tenaga kependidikan, karyawan sekolah, dan OSIS membuahkan hasil. Niat baik bersambut pula dengan baik. Setelah dana dan barang terkumpul, saatnya bantuan disalurkan.
Bantuan pertama disalurkan melalui Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Bekasi yang langsung menyerahkannya kepada korban bencana alam banjir di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Setelah itu, SMANDA CITRA PEDULI menyerahkan bantuan kepada warga Kedungwaringin dan Pebayuran. Penyaluran bantuan ini melalui Pramuka Peduli Kwarcab Kabupaten Bekasi. Kak Iskanto sebagai perwakilan dari Kwarcab Pramuka menerima sumbangan ini dan menyalurkannya kepada warga yang terdampak banjir.
Aksi SMANDA CITRA PEDULI SESAMA masih berlanjut. Rombongan yang diikuti oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Staf (Dwi Priyono, Saptu, Fadlik Armansyah, Sukanta, Lili Priyani, Nur Widhihastuti) berangkat menuju lokasi terdampak. Tanggal 25 Februari 2021 rombongan berangkat ke lokasi dengan mengendarai sepeda motor, mengingat akses jalan yang masih rusak parah. Dipimpin oleh Kepala Sekolah, bantuan berupa makanan siap santap (nasi bungkus), bahan makanan pokok (beras, mie instan, minyak goreng, air mineral) diserahkan kepada warga Desa Mekar Jaya, Kampung Kapek, Kedungwaringin. Seminggu kemudian, bantuan kembali disalurkan kepada warga Desa Karang Segar, Kampung Pisang Batu, Kecamatan Pebayuran. Panitia OSIS turut menyalurkan bantuan. Rombongan berangkat dari sekolah, langsung menuju lokasi dengan dipandu oleh Tim Pramuka Peduli Kwarcab Kabupaten Bekasi.
Pemandangan mengharu biru disaksikan langsung oleh rombongan SMAN 2 Cikarang Utara. Rumah penduduk yang rusak parah, harta benda yang tak sempat terselamatkan, jalanan yang rusak, menjadi saksi bisu yang begitu menyentuh perasaan. Pebayuran termasuk daerah terparah terdampak banjir tahun ini. Debit air yang melimpah dari Sungai Citarum merendam hampir satu kecamatan. Jebolnya tanggul Sungai Citarum menyebabkan air tak terbendung. Pada saat penyerahan bantuan ini, Kepala Sekolah melakukan penanaman pohon . Ini menjadi simbol bahwa kelestarian alam patut dijaga agar alam tak murka. Peserta didik yang menyaksikan penanaman pohon, diajarkan untuk mencintai lingkungan.
Aksi SMANDA CITRA PEDULI juga disalurkan kepada warga sekolah yang terdampak banjir. Sebagai rasa empati dan memberikan perhatian bagi para guru, tenaga kependidikan, dan karyawan sekolah yang mendapatkan musibah banjir, donasi diserahkan. Kepala Sekolah didampingi oleh beberapa guru mengunjungi rumah warga sekolah yang terdampak banjir dan menyerahkan bantuan secara langsung. Beberapa di antaranya, diserahkan di lingkungan sekolah baik oleh kepala sekolah maupun diwakili oleh Humas SMAN 2 Cikarang Utara.
Hari ini, Selasa tanggal 9 Maret 2021 bertempat di aula sekolah, sebanyak 66 peserta didik diundang hadir. Mereka adalah siswa yang terdampak banjir terparah. OSIS melakukan penggalangan dana dan hari ini donasi terserahkan kepada siswa. Panitia OSIS sudah menyiapkan paket bantuan yang berisi beras, mie instan, minyak goreng, dan sarden.
Acara dibuka sekira pukul 09.00 WIB. Kepala Sekolah dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan kegiatan peduli bagi warga sekolah.
“Bantuan kali ini diprioritaskan untuk warga sekolah yang terdampak banjir. Berkat kerjasama dari semua pihak,pendidik, tenaga kependidikan, peseeta didik, aksi peduli ini bisa terselenggara. Semoga bantuan ini bisa diterima dengan baik dan dapat diperlukan untuk keperluan sehari-hari.”
Lebih lanjut kepala sekolah mnegucapkan terima kasih kepada seluruh warga sekolah termasuk peserta didik melalui OSIS yang telah berdonasi.
Selanjutnya Maura Aqlaila Rasyade sebagai Ketua OSIS Periode 2021/2022 menyampaikan kata sambutan. Sebagai perwakilan dari panitia OSIS, Maura menyampaikan ungkapan dan harapan semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman.
Setelah itu dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis yang diwakili oleh Annisa Najla (diserahkan oleh Kepala Sekolah), Rani (diserahkan oleh Pak Munabbi Riasah) , Yanuar (diserahkan oleh Ibu Leni Lustiawati) , dan Dian Permana (diserahkan oleh Maura Aqlaila Rasyade). Akhirnya satu persatu seluruh siswa yang hadir mendapatkan paket bantuan. Ditutup dengan foto bersama acara inipun berakhir. Acara ini disiarkan juga secara live streaming melalui kanal Youtube SMAN 2 Cikarang Utara pada link https://youtu.be/TncXfeaNlyE .
Semoga melalui aksi SMANDA CITRA PEDULI SESAMA ini penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik bisa terwujud. Membangun dan membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonsesia tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan menerapkan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa mendatang, semoga terealisasi.

(Cikarang Utara, 9 Maret 2021)

TINGGALKAN KOMENTAR