SEKILAS INFO
: - Rabu, 17-08-2022
  • 2 tahun yang lalu / Dies Natalis SMAN 2 Cikarang Utara ke 35 # Maju Terus SMANDACITRA Ukir Prestasi Demi Nama Baik Almamater
BANGKITKAN SEMANGAT, WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR

BANGKITKAN SEMANGAT, WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR

Penulis: Lili Priyani

Di tengah badai corona yang masih bercokol di bumi ini, peringatan Hari Guru tahun 2020 terasa berbeda. Biasanya tampak kemeriahan yang disuguhkan oleh seluruh warga sekolah, mulai dari kegiatan yang ditampilkan oleh peserta didik, hingga pelaksanaan upacara yang biasanya digelar sangat meriah. Lapangan sekolah menjadi saksi bagaimana sukacita memperingati Hari Guru dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan ketentuan terkait tata cara pelaksanaan Hari Guru Nasional. Upacara peringatan Hari Guru Nasional 2020 harus dilaksanakan dengan cara tatap muka terbatas, minimalis, dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Dikutip dari laman Kompas.com, untuk daerah yang berada di wilayah zona hijau dan kuning diperkenankan melaksanakan upacara bendera tatap muka terbatas sesuai ketentuan. Sementara, wilayah zona oranye dan merah diimbau untuk melakukan upacara secara virtual yang diikuti secara langsung melalui kanal media sosial.

Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar menjadi tema yang diusung dalam peringatan Hari Guru Nasional 2020 ini. Tema ini mengandung filosofi bahwa kita harus tetap bersemangat belajar, jangan terpuruk, memompa motivasi untuk mengikuti dan menghadirkan kegiatan belajar di manapun, kapanpun, dan dalam situasi apapun. Pandemi Covid-19 menjadi cambuk bagi kita untuk tetap menuntut ilmu, berkarya, dan memaknai setiap kesempatan baik yang ada.

Demi memaknai Hari Guru tahun ini, di SMAN 2 Cikarang Utara digelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Guru 2020. Diawali dengan gelaran lomba Menulis dan Membaca Puisi, seperti pengumuman berikut ini.

Dalam rangka memperingati Hari Guru ke-75 Tahun 2020, SMAN 2 Cikarang Utara menggagas Lomba Menulis dan Membaca Puisi. Syarat lomba:

1. Peserta adalah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMAN 2 Cikarang Utara

2. Menulis puisi bertema “Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar”

3. Puisi harus orisinal, karya pribadi

4. Naskah puisi dikirimkan ke Panitia melalui pos-el lilipriyani0903@gmail.com tenggat waktu sampai tanggal 23 November 2020

5. Puisi tersebut dibacakan dan divisualkan dalam video

6. Video pembacaan puisi dikirimkan ke no. WhatsApp 085715858089, tenggat waktu sampai tanggal 23 November 2020

7. Panitia akan memilih 3 pemenang

“Mari bangkit bersama, wujudkan merdeka belajar!”

Panitia

Tiga hari setelah pengumuman di rilis di grup WhatsApp, tercatat sebanyak 22 peserta yang sudah mengirimkan puisi dan video pembacaan puisinya. Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan antusias menyambut lomba ini. Nama-nama peserta lomba adalah sebagai berikut: Nur Widhihastuti, Dian Kusumawardhani, Sukanta, Fery Indrawati, Fikriana Saliha, Lita Febriani, Heryanto, Arfan Fal Fariq, Khoerudin (Petugas Security), Herty (Petugas Kebersihan), Ade Irawan, Linda Melinda, Raiza Zenitya, Supriani, Euis Nurajizah, Lilis Susanty, Rino Pranata, Sri Rizyatul Amaliyah, Sekar Ayu Woro, Entan Sukartinah, Fitri Nurdaya, dan Ratnawati Sukardi. Kepada Ibu/Bapak peserta, patut diberikan apresiasi. Di tengah kesibukan melaksanakan PJJ, tak menyurutkan semangat para peserta untuk tetap berkarya. “Tidak menang, tidak apa-apa. Yang penting sudah berpartisipasi memeriahkan Hari Guru tahun ini. Karena seperti inilah cara saya memaknai merdeka belajar, tetap bersemangat meskipun ruang dan gerak terbatas akibat pandemi”, ungkap Bu Nur Widhihastuti, salah seorang peserta lomba.

Rabu tanggal 25 November 2020 pukul 07.30 WIB digelar upacara peringatan Hari Guru Nasional ke-75. Upacara dihadiri oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan di lingkungan SMAN 2 Cikaranga Utara. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker selama kegiatan, mengatur jarak saat pelaksanaan upacara menjadi ketentuan yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta upacara. Dibantu oleh para Petugas Satgas Covid-19, prokes ini bisa diterapkan secara baik.

Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kepala SMAN 2 Cikarang Utara, Bapak Drs. Mohammad Ilham Hasan, M.M. Petugas upacara diemban oleh para guru dan juga paskibra untuk pengibar bendera. Susunan petugas upacara adalah sebagai berikut.

Petugas Upacara Hari Guru ke-75 Tahun 2020

1. Pemimpin Upacara : Husen Mustofa

2. Pengatur Upacara : Lilis Susanty

3. Pemimpin Pasukan

A. Putra : Abdul Majid

B. Putri : Renita Sri Mulyani

4. Pembawa Acara : Leni Lustiawati Dewi

5. Pengibar Bendera : Siswa Paskibra

6. Pembawa Pancasila: Kartiman

7. Pembaca Pembukaan UUD 1945 : Patriah

8. Pembaca Doa : Asep Syaefudin

9. Paduan Suara : Pemenang PPS dan SMULA

Tim Teknis :

1. Munabbi Riasah

2. Lili Priyani

3. Dwi Priyono

4. Saptu

5. Sukanta (Dokumentasi)

6. Ade Irawan (Paduan Suara, Band)

Semua petugas melaksanakan perannya dengan baik. Meski di tengah-tengah jalannya upacara, pemimpin upacara (Pak Husein Mustofa) sempat digantikan tugasnya sementara oleh Pengatur Upacara (Bu Lilis Susanty) karena sakit. Tetapi show must go on. Upacara tetap berlangsung dengan khidmat dan tertib.

Peserta didik mengikuti jalannya upacara secara langsung melalui kanal Youtube pada tautan https://youtu.be/A8woVj6VN7c.

Usai upacara, diumumkan pemenang lomba Menulis dan Membaca Puisi oleh Ketua Juri, Pak Munabbi Riasah. Juara 1 diraih oleh Pak Sukanta, Juara 2 diraih oleh Bu Lilis Susanty, dan Juara 3 diraih oleh Bu Euis Nurajizah. Selain itu, panitia memberikan apresiasi kepada Pak Khoerudin dan Bu Herti yang sudah berpartisipasi mengikuti lomba. Semangat mereka untuk ikit serta dan aktif dalam kegiatan sekolah, patut diacungi jempol.

Sekira pukul 09.00 WIB acara berlanjut dengan menggelar Apresiasi Bagimu, Guru di aula SMAN 2 Cikarang Utara. Tampilan pembuka oleh band SMANDA CITRA memeriahkan acara. Munabbi Riasah, mempersembahkan lagu diiringi pemain musik: Rino Pranata, Ade Irawan, dan Abdul Majid mampu membetot perhatian. Setelah itu, dipandu oleh Ade Irawan acara berlanjut dengan mengumumkan empat guru yang sudah mengantarkan siswa menjadi pemenang dalam beberapa lomba.

Keempat guru tersebut adalah:

1. Ratnasari Yuniati (siswa meraih Juara 2 dalam Kompetisi Akuntansi yang diadakan oleh President University bulan November 2020);

2. Dian Kusumawardhani (siswa meraih juara 1 English Competion yang diadakan oleh SMAN 2 Cikarang Selatan bulan November 2020);

3. Munabbi Riasah (siswa meraih juara 1 Lomba Cerdas Cermat Literasi yang diadakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan, Kab. Bekasi bulan Oktober 2020); dan

4. Lili Priyani (siswa meraih juara 1 Lomba Cerdas Cermat Literasi yang diadakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan, Kab. Bekasi bulan Oktober 2020).

Kepala Sekolah, Bapak Drs. Mohammad Ilham Hasan, M.M. memberikan piagam penghargaan. “Semoga ke depan, lebih banyak guru yang bisa mengantarkan siswa berprestasi di banyak bidang”, demikian harapan Kepala Sekolah sesaat usai menyerahkan penghargaan.

Peringatan Hari Guru tahun ini dirangkaikan dengan Rapat Dinas Persiapan Penilaian Akhir Semester (PAS 1). Dibuka oleh Lili Priyani, dilanjutkan dengan paparan alur kegiatan guru dalam pelaksanaan PAS yang disampaikan oleh Wakasek Urusan Kurikulum, Dwi Priyono, S,Pd., M.Si. Setelah itu pengarahan dan informasi oleh Kepala Sekolah.

Jamuan santapan siang menjadi penutup rangkaian acara Hari Guru 2020 ini. Dukungan dari Pak Saptu, M.Pd. dengan men-support hidangan makan siang menjadi bukti perhatian dan apresiasi orang tua kepada para guru. Pak Saptu beserta keluarga memberikan apresiasi kepada para guru yang sudah mengantarkan ananda Ammar (putranya) berkuliah di PTN dan meraih berbagai prestasi semasa mengenyam pendidikan di sekolah ini. Untuk hal ini, pihak sekolah mengucapkan terima kasih atas apresiasinya bagi para guru dan juga tenaga kependidikan. Ini pun menjadi kado spesial bagi kami.

Demikianlah rangkaian acara peringatan Hari Guru tahun ini. Semoga para guru, garda terdepan pendidikan di Indonesia senantiasa memantik semangat mewujudkan merdeka belajar demi merawat marwah pendidikan di bumi pertiwi. Inilah sumbangsih kecil dari kami, segenap warga SMAN 2 Cikarang Utara: mengabdi dari hati, demi negeri.

(Cikarang Utara, 26 November 2020)

TINGGALKAN KOMENTAR