SEKILAS INFO
: - Sabtu, 19-09-2020
  • 2 bulan yang lalu / Informasi berkaitan dengan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Info Sekolah dilihat pada Pengumuman
Sejarah Singkat SMAN 2 Cikarang Utara

SEJARAH SMAN 2 CIKARANG UTARA

 GAGASAN PENDIRIAN

SMAN 2 CIKARANG UTARA digagas pada tahun 1986;merupakan filial atau cabang dari SMAN 1 TAMBUN di bawah pimpinan Pak RUSTAM Kepala SMAN 1 TAMBUN. Pada saat itu belum memiliki bangunan utuh untuk belajar siswa, sehingga untuk tahun pertama (1986-1987) masih bertempat di SD Simpangan 01, jumlah siswa ada 2 kelas. Tahun kedua, pendaftar ada 4 kelas, sehingga siswa dibagi dua tempat di SD Simpangan dan di Madrsah Syiarul Islam. Tahun ketiga,dengan bertambahnya siswa maka tempat belajar ditambah dengan meminjam ruang kelas di SMP Simpangan (sekarang : SMPN 2 Cikarang Utara), Pelulusan pertama masih dilakukan di SMP Simpangan  . Sekolah baru memiliki bangunan sendiri pada tahun 1990, walaupun belum mencukupi sehingga sebagian siswa belajar dengan meminjam kelas di SDN SIMPANGAN  04/05,  Nama sekolah ini telah beberapa kali pergantian seperti SMA SIMPANGAN,SMUN 1 LEMAH ABANG,SMAN  5  Bekasi,  SMAN 2 Cikarang Utara.

  1. AWAL PENDIRIAN SMAN 2 CIKARANG UTARA

Sekolah yang awalnya bernama SMA Lemah Abang dan pernah juga dinamakan SMA Simpangan berdasarkan tempat kedudukan  sekolah tersebut. Pengagas berdirinya lurah desa simpangan (Bapak H. Giri) beserta para aparat desa waktu itu. Adapun dasar pemikiran pendirian dirasakan  betapa pentingnya pendidikan, sedangkan saat itu di daerah Lemah Abang tidak ada sekolah setingkat  SLTA, sehingga timbul pemikiran untuk mendirikan sekolah menengah atas. Pendirikan sekolah ini pada awalnya  kurang mendapat perhatian  dari pemerintah, dan dilakukan  melalui dana swadaya dan swadana masyarakat, di mana dana dikumpulkan dari anggaran bantuan desa serta partisipasi masyarakat, dengan mendapat dukungan  masyarakat.   Ketika sudah berdiri sekitar tahun 1990, sekolah ini pun di sahkan oleh pemerintah.

(narasumber: Bapak H. Giri- 83 tahun wawancara,  5 September 2012)

Pada awalnya,  sekolah ini hanya di tujukan untuk masyarakat lokal Lemah Abang. Sekolah ini berkembang meningkat dilihat dari jumlah siswanya. Menjadi sekolah tujuan dari berbagai daerah di sekitar Bekasi. Bangunan sekolah pun terjadi peningkatan, di atas tanah 10.000 m2 yang pada awalnya didirikan di atas lahan yang biasa digunakan sebagai lapangan sepak bola anak-anak kampung simpangan dari asal 4 ruangan, sekarang terus berkembang dari kualitas dan kuantitas bangunan,

  1. Pembanguan Sekolah

Seiring waktu, perkembangan wilayah Bekasi sebagai daerah industri, membawa dampak perkembangan penduduk secara cepat. Hal ini berimbas pula pada perkembangan sekolah-sekolah di Bekasi, termasuk SMAN 2 Cikarang Utara. Mulai tahun 1993 perkembangan sekolah SMAN 2 ini sangat  pesat. Jumlah peminat semakin meningkat, sehingga perlu mendirikan sekolah-sekolah baru , kemudian didirikanlah  filial SMAN 2 yaitu Cikarang Pusat 1,SMAN Cikarang Pusat 2, dan SMAN Kedung Waringin,

Sesuai dengan masa jabatan, SMAN 2 Cikarang Utara telah beberapa kali pergantian kepala sekolah, antara lain :

  1. MAMAN masa jabatan    :           1986 – 1988
  2. RUSTAM masa jabatan    :           1988 – 1989
  3. ROMLI masa jabatan    :           1989 – 1993
  4. SUGANDA masa jabatan    :           1993 – 1995
  5. H. ATENG AMAS, MM masa jabatan    :           1992 – 2000
  6. H. BABAY HUDHORI, MM masa jabatan    :           2000 – 2002
  7. H UUS UMARSYAH, MM masa jabatan    :           2002 – 2008
  8. H.RUMINTA, MM masa jabatan    :           2009 – 2010
  9. H. SURATMAN, M.Pd masa jabatan    :           2011 – 2014

 

  1. Visi Misi Sekolah (Tahun 2019)

Visi 

“Cerdas berakhlak, unggul berprestasi, memiliki kecakapan hidup,  yang berkarakter mulia, berbudaya dan berwawasan lingkungan “.

Misi 

  1. Menciptakan sekolah yang berwawasan lingkungan
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang jujur, aktif, inovatif dan menyenangkan
  3. Mengembangkan potensi akademik dan ekstrakurikuler siswa dalam meningkatkan daya saing
  4. Membimbing siswa dalam pengamalan akhlak mulia, penerapan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan

 

TUJUAN
  1. Mendidik siswa agar memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan
  2. Membantu siswa dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya baik kompetensi akademik maupun nonakademik
  3. Membimbing siswa dalam membentuk akhlak mulia sebagai bekal hidup bermasyarakat
  4. Membentuk karakter  yang menjunjung tinggi nilai-nilai kepribadian daerah dan bangsa Indonesia
  5. Menyiapkan lulusan yang cerdas yang mampu bersaing dalam melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi
  6. Menumbuhkan nilai-nilai kewirausahaan dikalangan siswa, tenaga pendidik. dan tenaga kependidikan
  7. Mewujudkan sekolah yang menyenangkan bagi siswa, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat
  8. Menumbuhkembangkan sistem kerja yang harmonis dan rasa kekeluargaan

 

Dengan misi ini di harapkan para siswa mempraktekan dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat seperti menciptakan suasana kekeluargaan dan iklim yang kondusif.  Di masa yang akan datang  siswa SMAN 2 Cikarang Utara harus lebih baik lagi dan harus lebih menyadasri akan peraturan yang diterapkan dan harus di kerjakan dalam lingkungan sekolah. Adapun Logo SMAN 2 Cikarang Utara mempunyai arti  yaitu Semangat, Dinamis, Mengacu Pancasila sebagai dasar negara. yang menjadi tujuan sekolah sekarang ini yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing, baik masuk perguruan tinggi,dunia kerja,dan dunia usaha,

 

  1. Perkembangan dan Harapan

Potensi siswa harus terus digali untuk kemajuan di masa yang akan datang. Pemberdayaan ekstrakulikuler dan olimpiade mata pelajaran dalam berbagai bidang pelajaran diharapkan mampu mendampingi kegiatan intrakulikuler, sehingga potensi yang ada bisa benar-benar digali secara maksimal. Tentunya hasil akhirnya mengaharapkan peningkatan kulitas dan prestasi siswa secara menyeluruh.

Peluang kemajuan sekolah di masa yang akan datang di harapkan para siswa dapat lebih baik dan tidak tertinggal dari sekolah-sekolah lain, Prestasi yang diraih didapatkan mampu memberikan motivasi kepada para siswa  sekolah ini. Hal-hal yang dapat di lakukan untuk memacu mutu pendidikan di sekolah adalah dengan peningkatan fasilitas belajar mengajar, dengan adanya fesilitas ini diharapkan para siswa lebih giat belajar, disiplin, dan tidak terjerumus pada hal-hal negatif.

Inventarisir pada akhir tahun 2019 di atas  10.000 meter persegi SMAN 2 Cikarang Utara telah memiliki ruang belajar 32 ruang, Laboratorium  ruang  yaitu ( Komputer, Biologi, Fisika, Multimedia). Jumlah murid kelas X,XI,XII berjumlah 1070 orang, dan Masjid Ibnu Rusyd yang sedang berjalan pembangunannya. Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan di SMAN 2 Cikarang Utara ada 96 orang.

Berikut foto-foto mantan para Kepala Sekolah di SMAN 2 Cikarang Utara

TINGGALKAN KOMENTAR