SEKILAS INFO
: - Selasa, 29-11-2022
  • 2 tahun yang lalu / Dies Natalis SMAN 2 Cikarang Utara ke 35 # Maju Terus SMANDACITRA Ukir Prestasi Demi Nama Baik Almamater
UJIAN SEKOLAH TAK SEKADAR MENGUKUR KOMPETENSI

UJIAN SEKOLAH TAK SEKADAR MENGUKUR KOMPETENSI

Penulis: Lili Priyani

Sesuai dengan  Surat Edaran  Nomor 1 Tahun 2021 sudah meniadakan Ujian Nasional (UN) terkait pandemi Covid-19. Namun, ujian sekolah masih dilaksanakan dan menjadi salah satu syarat kelulusan. Kebijakan ujian sekolah tahun 2022 berdasarkan  Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019. Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 mengatur penyelenggaraan ujian yang diselenggarakan sekolah dan ujian nasional.

Bentuk ujian sekolah yaitu portofolio, penugasan, tes tertulis, dan/atau bentuk kegiatan lain sesuai kompetensi yang diukur berdasarkan standar nasional pendidikan. Peserta ujian sekolah adalah siswa akhir jenjang dengan syarat telah berada di tahun terakhir di masing-masing jenjang dan memiliki laporan lengkap hasil seluruh program pembelajaran yang sudah ditempuh. Peserta didik dinyatakan lulus setelah menyelesaikan pembelajaran dari  memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, serta mengikuti ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan.

Pelaksanaan Ujian Sekolah di SMAN 2 Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi berlangsung tanggal 21 sampai 25 Maret 2022. Dilaksanakan secara daring, peserta didik menggunakan perangkat gawai untuk mengerjakan soal Ujian Sekolah. Untuk menertibkan pelaksanaan US, ujian dilaksanakan di sekolah dengan pembagian ruangan. Dua puluh dua ruangan disiapkan untuk peserta ujian IPA dan IPS sebanyak  392 peserta terdiri atas 180 siswa kelas  IPA dan 212  siswa kelas IPS.

Bermitra dengan M-Tyrout penyedia aplikasi dalam memfasilitasi kegiatan ujian sekolah dan ujian akhir semester. Ini merupakan tahun kedua SMAN 2 Cikarang Utara bekerja sama dengan M-Tryout. Kerja sama ini bisa  terlaksana atas dasar kesepakatan dan komitmen kedua belah pihak untuk melakukan terobosan dengan memanfaatkan teknologi di bidang pendidikan. Dengan teknologi informasi akan menciptakan kegiatan pembelajaran daring secara  efektif, mudah, dan efisien. “Dukungan dari aplikasi M-Tryout dan Universitas Bina Sarana Informatika, sangat menunjang   peningkatan kualitas asesmen pendidikan”, ungkap Sukanta, S.Pd.,M.Si., Master IT SMAN 2 Cikarang Utara.

Tiga mata pelajaran diujikan setiap hari, dengan total mapel 15. Untuk program IPA, mata pelajaran yang diujikan  yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan, Bahasa Indonesia, Matematika (Wajib), Sejarah Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan, Prakarya dan Kewirausahaan, Bahasa Sunda, Fisika, Kimia, Biologi , Ekonomi (Lintas Minat), dan Matematika (Peminatan).

Untuk program IPS, mata pelajaran yang diujikan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan, Bahasa Indonesia, Matematika (Wajib), Sejarah Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan, Prakarya dan Kewirausahaan, Bahasa Sunda, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Biologi (Lintas Minat), dan Sejarah (Peminatan).

“Ujian Sekolah yang dilaksanakan tahun ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan keberhasilan proses belajar yang sudah diikuti peserta didik. Penilaian yang didapatkan, tidak hanya untuk mengukur ketercapaian daya serap materi, namun juga bisa menjadi barometer keberhasilan guru dalam mengajar”, jelas Dwi Priyono, S.Pd., M.Si. selaku Sekretaris Panitia Ujian Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.

Perhelatan akbar di sekolah ini, menjadi ajang untuk melatih kedisiplinan seluruh warga sekolah, baik peserta didik maupun pendidik yang bertindak sebagai Pengawas/Teknisi/Proktor.

Drs. Mohammad Ilham Hasan, M.M. mengatakan, “Ujian Sekolah menjadi dasar pembinaan dan peningkatan mutu pendidikan. Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan hasil UN untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah. Dengan begitu, baik pemda maupun sekolah bisa mempelajari letak kekurangan atau kelemahan setiap sekolah di setiap daerah jika dibandingkan dengan perolehan nasional.”

Lebih lanjut Kepala Sekolah menguraikan bahwa Ujian Sekolah menjadi bahan pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya. Peserta didik Kelas XII yang mengikuti US akan bersiap melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, atau memenuhi bursa tenaga kerja di perusahaan. Karenanya, diharapkan peserta didik mengikuti US ini dengan serius dan penuh konsentrasi agar memperoleh hasil maksimal.

Berikut ini jadwal Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Semoga hasil yang diperoleh peserta didik sesuai harapan dan  dapat meningkatkan pemetaan mutu pendidikan di SMAN 2 Cikarang Utara.

(Cikarang Utara, 25 Maret 2022)

TINGGALKAN KOMENTAR