SEKILAS INFO
: - Jumat, 17-09-2021
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Atas dianugerahkannya Penghargaan Lencana Pancawarsa III Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat Tahun 2021 kepada Ka Mohammad Ilham Hasan (Kamabigus SMAN 2 Cikarang Utara)
SMANDA CITRA MENEBAR KEBAIKAN

SMANDA CITRA MENEBAR KEBAIKAN

Reportase: HUMAS SMAN 2 Cikarang Utara

Firman Allah SWT dalam Q.S Al Baqarah ayat 177 berbunyi:

لَيۡسَ الۡبِرَّ اَنۡ تُوَلُّوۡا وُجُوۡهَكُمۡ قِبَلَ الۡمَشۡرِقِ وَ الۡمَغۡرِبِ وَلٰـكِنَّ الۡبِرَّ مَنۡ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالۡيَوۡمِ الۡاٰخِرِ وَالۡمَلٰٓٮِٕکَةِ وَالۡكِتٰبِ وَالنَّبِيّٖنَ‌ۚ وَاٰتَى الۡمَالَ عَلٰى حُبِّهٖ ذَوِى الۡقُرۡبٰى وَالۡيَتٰمٰى وَالۡمَسٰكِيۡنَ وَابۡنَ السَّبِيۡلِۙ وَالسَّآٮِٕلِيۡنَ وَفِىۡ الرِّقَابِ‌ۚ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّکٰوةَ‌ ۚ وَالۡمُوۡفُوۡنَ بِعَهۡدِهِمۡ اِذَا عٰهَدُوۡاۚ وَالصّٰبِرِيۡنَ فِىۡ الۡبَاۡسَآءِ وَالضَّرَّآءِ وَحِيۡنَ الۡبَاۡسِؕ اُولٰٓٮِٕكَ الَّذِيۡنَ صَدَقُوۡاؕ وَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُتَّقُوۡنَ‏

Artinya:

“Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.”

Umat muslim saat ini memasuki bulan Muharam, bulan pertama dalam tahun Hijriyah. Bulan ini adalah salah satu  bulan istimewa.  Dari berbagai risalah keislaman, kita bisa mengikhtisarkan  beberapa keutamaan  amalan ibadah di bulan yang disebut  syahrullah al Asham yang berarti bulan Allah yang sunyi. Di antara amalan utama di bulan ini adalah menunaikan puasa sunah Tasu’a  dan Asyura dan berbagi terhadap sesama.

Demi memaknai momentum bulan Muharam, kami berikhtiar untuk mengadakan kegiatan Santunan Anak Yatim ‘SMANDA CITRA MENEBAR KEBAIKAN’. Kegiatan ini  dilaksanakan bertepatan dengan 10 Muharam 1443 H (Hari Kamis tanggal 19 Agustus 2021). 10 Muharam   oleh sebagian orang disebut dengan Lebaran Anak Yatim.

Pukul 08.00 WIB rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala SMAN 2 Cikarang Utara menuju lokasi Panti Asuhan pertama yang akan dikunjungi. Panti Asuhan Yayasan Kubah Rahmatan Indonesia Cabang Cikarang, beralamat di Jalan Raya Lemah Abang-Cibarusah No. 8, Kampung Kaum Tengah RT 003 RW 002, Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara. Di panti ini, dermawan SMAN 2 Cikarang Utara yang diwakili oleh Kepala Sekolah beserta Ibu Ade Mohammad Ilham Hasan, Lia Mutiara, Saptu, Dwi Priyono, Sukanta, Lili Priyani, Nur Widhihastuti, Leni Lustiawati, Resa Ramdhan dan Maura Aqlaila R (Pengurus OSIS), 

Rombongan disambut dengan baik oleh Pengurus Yayasan. Satu jam berikutnya, rombongan menuju Yayasan Pendidikan Islam dan Pondok Pesanren Yatim Piatu dan Dhuafa  Ar Royyan yang beralamat di Kampung Jati Asih RT 02 RW 01, Desa Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara. Di sini rombongan disambut oleh pengurus yayasan dan pihak pesantren. Melalui Kepala Sekolah, diserahkan bantuan berupa sembako (beras, minyak goreng, mie  instan, dan gula pasir)  dan sejumlah dana. Kepada anak-anak penghuni Panti, dibagikan makanan berupa paket ayam goreng (KFC). Sebanyak 50 paket makanan diserahkan kepada para penghuni panti/pesantren yang berdiam di kompleks panti ini. Santri yang juga bersekolah formal di SD/MI, SMP/MTs, SMA, dan ada yang berkuliah, mendapatkan bekal agama khususnya mengaji/tahfizd Al Qur’an di tempat yang merangkap sebagai pondok pesantren ini.  Wajah gembira dan penuh suka cita, anak-anak jelas terlihat sambil mengantre mengambil makanan. Sungguh pemandangan yang mengharukan.  

Doa-doa dipanjatkan dipimpin oleh Ustadz  Karman Mahmud, S.Pd.I. yang sekaligus Penanggung Jawab Pesantren/Ayah bagi para santri panti/pondok pesantren ini. Ketika munajat dipintakan kepada Allah SWT, suasana haru menyeruak. Kami yang hadir khusyuk mengikuti pembacaan doa. Harapan terbaik dipanjatkan kepada Allah SWT bagi seluruh warga sekolah.

Selanjutnya, rombongan yang terdiri dari tiga kendaraan roda empat, menuju Pondok Yatim Yayasan Gema Insan Amanah. Pondok Yatim ini berada di Jalan Mangkunegara, Kecamatan Cikarang Utara.  Sama seperti panti yang sudah dikunjungi sebelumnya, di sinipun rombongan membagikan sembako dan sejumlah dana. Diterima langsung oleh pengurus panti dan  beberapa santri yang saat kami datang, mereka sedang mengaji.

Tak lama berselang, rombongan menuju lokasi terakhir yaitu Panti Asuhan Rumah Harapan  yang terletak di Jalan Citarik Raya Perum Graha Asri Blok A No. 19, Cikarang Utara. Empat lokasi tuntas kami sambangi dan seluruh donasi sudah tersalurkan dengan baik dan insya Allah tepat sasaran.

Donasi yang terhimpun berasal dari kedermawanan para warga sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan.  Hal ini sebagai wujud empati terhadap sesama, seperti teruntai dalam hadist  Ibnu Majah berikut ini.

“Sebaik-baik rumah di kalangan kaum Muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum Muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk.” (HR Ibnu Majah).

Semoga Allah SWT  membalas semua kedermawanan Ibu/Bapak dengan berlipat-lipat kebaikan.  Mari menebar kebaikan, mulai dari yang dekat dengan kita, di sekitar kita, lingkungan kita. Dari yang kecil, Insya Allah akan berdampak luar biasa. Saatnya kita satukan hati ulurkan tangan untuk ‘saling menyayangi dan peduli’.

(Cikarang Utara, 20 Agustus 2021)

TINGGALKAN KOMENTAR