SEKILAS INFO
: - Jumat, 17-09-2021
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Atas dianugerahkannya Penghargaan Lencana Pancawarsa III Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat Tahun 2021 kepada Ka Mohammad Ilham Hasan (Kamabigus SMAN 2 Cikarang Utara)
PLS USAI, RESMI SUDAH PESERTA DIDIK BARU MENJADI WARGA SEKOLAH

PLS USAI, RESMI SUDAH PESERTA DIDIK BARU MENJADI WARGA SEKOLAH

Reportase: HUMAS SMANDA CITRA

Empat hari sudah kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dilaksanakan. Berturut-turut dari tanggal 21, 22, 23 hingga hari ini Senin tanggal  26 Juli 2021 kegiatan usai. Pelaksanaan yang digagas oleh Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan ini terbilang lancar dan sukses. Tingkat partisipasi peserta melalui Zoom Meeting hampir 100 persen. Walaupun masih ada beberapa peserta didik kelas X yang belum bergabung, tetapi kepada mereka akan diberikan tugas lain sebagai pengganti PLS Daring yang tidak bisa mereka ikuti. Peserta didik tersebut akan mengikuti PLS secara luring dengan tetap berpedoman pada kerangka acuan Tatap Muka Terbatas sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19 akhir-akhir ini.

Hari ini merupakan  hari terakhir pelaksanaan PLS Daring. Diawali oleh narasumber Kompol Mustakim, S.H., M.H. sebagai Kapolsek Cikarang Utara yang menyampaikan materi tentang Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila. Materi ini diamanatkan kepada Suprihanto selaku Kanit Binmas Polsek Cikarang Utara karena keterbatasan waktu yang dimiliki oleh Kapolsek dan kegiatan lain yang sangat penting. Kanit Binmas  Polsek Cikarang Utara juga memaparkan tentang penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Informasi tentang wawasan kebangsaan  ditajamkan oleh Binmas Simpangan, Cikarang Utara: Nur Rahman. Rangkaian pemaparan materi ini didokumentasikan oleh Octofiyanto W. selaku Kasi Humas Polsek Cikarang Utara.  

Tayangan utuh kedua narasumber dari pihak Kepolisian ini bisa disaksikan melalui Youtube pada tautan/link https://youtu.be/EZTrrSSJZek, Instagram pada laman https://www.instagram.com/tv/CRxzyfuD8K2/?utm_medium=copy_link, dan twitter https://twitter.com/UtaraCikarang/status/1419527449268822017?s=19.

Dipandu oleh Resa Ramadhan dari Humas OSIS, acara dilanjutkan dengan games yang berisi pengulangan materi yang sudah disampaikan. Partisipan yang mengikuti kegiatan dari rumahnya masing-masing terlihat begitu antusias di layar monitor. Wajah-wajah penuh semangat ditampakkan oleh peserta didik kelas X tahun pelajaran 2021/2022.

Setelah itu materi Wawasan  Wiyata Mandala yang disampaikan oleh Lia Mutiara, S.Sos. Penyampaian materi oleh Kasubag SMAN 2 Cikarang Utara begitu jelas dan lengkap.

“Wawasan Wiyata Mandala adalah cara memandang sekolah dalam lingkungan pendidikan dan pembelajaran. Dapat pula diartikan sebagai pandangan atau sikap hidup terhadap seekolah sebagai lingkungan pendidikan”, urai Lia Mutiara.

Lebih jauh, wanita yang menjabat sebagai pemimpin di bagian ketatausahaan dan manajemen sekolah ini menjelaskan tentang makna wawasan wiyata mandala, sekolah dan fungsinya, ciri-ciri sekolah sebagai masyarakat belajar, dan penataan wiyata mandala dalam upaya ketahanan sekolah. Materi yang padat dengan ruang lingkup yang luas, mampu dipaparkan oleh narasumber ini dengan bahasa yang komunikatif  sehingga peserta PLS terbantu untuk dengan mudah memahami materi.

Materi ketiga disampaikan oleh Kepala Sekolah.  Drs. Mohammad Ilham Hasan, M.M. membahas tentang Leadership.  Sebagai pimpinan tertinggi di lembaga ini, materi kepemimpinan ini begitu pas dan tepat sasaran dibahas oleh praktisi seperti Beliau. Ditambah lagi dengan gayanya yang sersan (serius tapi santai) membuat partisipan yang bergabung melalui Zoom Meeting hari ini tidak merasakan kebosanan. Empat puluh lima menit serasa begitu cepat karena betah menyimak penjelasan kepala sekolah yang bulan ini tepat satu tahun mengemban amanah sebagai Kepala SMAN 2 Cikarang Utara ini.

Tibalah saatnya apel penutupan kegiatan PLS.  Apel  dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah. Dihadiri oleh Wakasek Urusan Kesiswaan (Munabbi Riasah, S.Pd., M.Si.), Wakasek Urusan Kurikulum (Dwi Priyono, S.Pd., M.Si.), Wakasek Urusan Humas (Lili Priyani, M.M.Pd.), para Staf Wakasek (Leni Lustiawati Dewi, S.Pd., Nur Widhihastuti, S.Si., Sukanta, S.Pd.,M.Si.), Kasubag, dan para Pengurus OSIS yang sudah berperan sebagai panitia PLS. Dalam apel penutupan PLS ini diserahkan hadiah berupa buku karya Lili Priyani. Ketiga orang  penerima hadiah ini merupakan pemenang terpilih saat dilakukan kuis hari ketiga PLS.

PLS usai. Hal ini sebagai penanda bahwa  seluruh peserta didik tahun pelajaran 2021/2022 sudah secara resmi diterima menjadi warga SMAN 2 Cikarang Utara. Selamat bergabung  di SMANDA CITRA BERILMU: SMAN 2 Cikarang Utara Bertakwa, Empati, Responsif, Inovatif, Luhur, Motivasi, dan Unggul.

(Cikarang Utara, 26 Juli 2021)

TINGGALKAN KOMENTAR