SEKILAS INFO
: - Jumat, 17-09-2021
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Atas dianugerahkannya Penghargaan Lencana Pancawarsa III Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat Tahun 2021 kepada Ka Mohammad Ilham Hasan (Kamabigus SMAN 2 Cikarang Utara)
MEMANTIK SEMANGAT KINERJA DALAM RAPAT DINAS AWAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MEMANTIK SEMANGAT KINERJA DALAM RAPAT DINAS

AWAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Reportase: Humas SMAN 2 Cikarang Utara

Setelah menuntaskan serangkaian kegiatan pada tahun pelajaran sebelumnya, kini saatnya memulai aktivitas ke depan. Sebagai langkah awal, dilaksanakanlah rapat dinas pada hari Rabu tanggal 14 Juli 2021.  Rapat Dinas Awal Tahun Pelajaran 2021/2022 SMAN 2 Cikarang Utara digelar secara virtual dengan Aplikasi Zoom Meeting. Seluruh pendidik dan tenaga pendidikan mengikutinya dari tempatnya masing-masing.

Kepala Sekolah, Kasubag, para wakil kepala sekolah dan staf  memandu pertemuan dari ruang POKSI (Pojok Aksi dan Kreasi) yang bertempat di Studio Seni lantai dua sekolah.  Difasilitasi oleh host, Sukanta, S.Pd., M.Si. ruang meeting dipersiapkan pukul 09.00 WIB. Dibuka oleh moderator sebagai pemandu acara, Lili Priyani, M.M.Pd. acara dimulai dengan pembacaan Suratul Fatihah. Doa teruntai bagi rekan dan keluarganya yang saat ini tertimba musibah atau sedang diuji dengan rasa sakit. Harapan baik juga disampaikan agar pandemi segera berakhir agar seluruh kegiatan sekolah bisa berjalan normal.

Kesempatan pertama diberikan kepada Kepala Sekolah untuk memberikan pengarahan.  Drs. Mohammad Ilham Hasan, M.M. menyampaikan beberapa hal. Diawali dengan laporan singkat tentang pelaksanaan PPDB 2021 yang sudah berlangsung. Untuk PPDB Tahap 1 sebanyak 198 siswa yang diterima. Untuk Tahap 2 sebanyak 200 siswa yang diterima. Seluruh peserta didik baru yang sudah diterima di SMAN 2 Cikarang Utara akan mengikuti Psikotes tanggal 15 Juli 2021. Disampaikan pula oleh Kepala Sekolah bahwa pada tanggal 19, 21, 22, dan 23 Juli 2021 akan dilaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

“Kegiatan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa”, lanjut Kepala Sekolah.

Setelah itu, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum menyampaikan pembagian tugas guru dan rancangan persiapan kegiatan belajar mengajar tahun 2021/2022. Dwi Priyono, S.Pd., M.Si. mengutarakan beberapa hal di antaranya sebagai berikut.

1. Kalender Akademik SMAN 2 Cikarang Utara Tahun Pelajaran 2021/2022.

2. Pembagian tugas tambahan bagi guru, dengan beberapa kebijakan yaitu:

    a. K7 akan dilebur ke dalam kegiatan ektrakurikuler Pecinta Alam;

    b. Program Inklusi ditiadakan;

    c. Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menjadi aktivitas yang termuat                

        (include) dalam semua jenis kegiatan pembelajaran dan juga kegiatan ekskul.

3. Tugas Tambahan bagi Pendidik untuk Tahun  pelajaran 2021/2022 sebagai berikut:

1. Drs. Saptu, M.Pd. sebagai Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana dan Prasarana
2. Lili Priyani, M.M.Pd. sebagai Wakil Kepala Sekolah Urusan Hubungan Masyarakat
3. Dwi Priyono, S.Pd., M.Pd., sebagai Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum
4. Munabbbi Riasah, S.Pd., M.Si., sebagai Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan
5. Fadlik Armansyah, S.Pd.Si., sebagai Staf Sarana dan Prasarana
6. Nur Widhihastuti, S.Si., sebagai Staf Kurikulum
7. Sukanta, S.Pd., M.Si., sebagai Staf Humas
8. Leni Lustiawati  Dewi, S.Pd., sebagai Staf Kesiswaan
9. H. Agus Sudrajat, M.Pd., sebagai Koordinator PKG/SKP
10. Hj. Hamidah, S.Pd., sebagai Koordinator PK/BP
11. Lilis Rosilawati, S.Pd., sebagai Kepala Laboratorium Fisika
12. Patriah, M.Pd., sebagai Kepala Perpustakaan
13. Wildan Maliq L., S.Kom., sebagai Kepala Laboratorium Komputer
14. Nining Rohmah, S.Pd., sebagai Kepala Laboratorium Bahasa
15. Haida Dwi Asri, S.Pd., sebagai Kepala Laboratorium Kimia
16. Lita Febrianti, S.Pd., sebagai Laboratorium Biologi

4. Pembagian Wali Kelas yang akan membimbing peserta didik kelas X, XI, dan XII.

5. Penetapan KKM Tahun Pelajaran 2021/2022.

6. Sistem pembelajaran selama pandemi Covid-19 ini adalah blanded (gabungan antara daring dan luring), dengan durasi selama 30 menit untuk satu jam pelajaran. Berikut ini pembagian jam kbm:

Jam ke-1= 07.00 – 07.30

Jam ke-2= 07.30 – 08.00

Jam ke-3= 08.00 – 08.30

Jam ke-4= 08.30 – 09.00

Jam ke-5= 09.00 – 09.30

7. Persiapan Akreditasi

Untuk kelengkapan  KTSP Kurikulum 2013 Buku 1 dan Buku 2,  masing-masing guru mata pelajaran mengumpulkan Silabus, RPP, dan  KKM. Semua perangkat ber-titimangsa: Kab. Bekasi, 19 Juli 2021 dan dikumpulkan melalui Wakasek Kurikulum.

Pemaparan Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum ini kemudian diperkuat oleh penjelasan Kepala Sekolah tentang kebijakan yang akan diberlakukan di SMAN 2 Cikarang Utara tahun pelajaran ini.

Usai Wakasek Kurikulum, tibalah giliran Kasubag untuk menyampaikan Informasi Seputar Tenaga Kependidikan. Lia Mutiara, S.Sos. memaparkan pembagian tugas tenaga kependidikan, ruang lingkup kerja, dan harapan-harapannya.

“Saya berharap agar seluruh rekan yang bertugas  mulai dari tenaga ketatausahaan, petugas kebersihan, dan petugas keamanan  bisa berkolaborasi dan bersinergi dalam mewujudkan kemajuan di sekolah ini”, demikian harapan Kasubag.

Rapat berlanjut dengan tanya jawab. Kesempatan bertanya disampaikan berturut-turut oleh Dian Kusumawardhani, S.Pd., Patriah, M.Pd., Slamet Budiarto, M.Pd.,  dan Pendeta Sibarani. Semua pertanyaan ditanggapi dan dijawab oleh Wakasek Kurikulum  dan ditajamkan oleh Kepala Sekolah. Semangat berkarya dan menghasilkan kinerja maksimal dipantikkan  oleh Kepala Sekolah. Memotivasi untuk ‘bekerja bersama, hebat semua’ menjadi slogan yang sepatutnya dicerminkan dalam aktivitas seluruh warga sekolah. Semuanya demi kemajuan dan untuk  meningkatkan prestasi SMAN 2 Cikarang Utara.

Sesi pamungkas, ditutup dengan foto bersama secara daring. Semua peserta rapat membuka video di layar dan diabadikan oleh host sebagai rekam digital kegiatan sekolah.

Seiring azan berkumandang, rapat dinas berakhir pukul 11. 50 WIB dengan ucapan Hamdallah. Berharap pandemi Covid-19 segera berlalu dan seluruh warga sekolah senantiasa Allah limpahi kesehatan paripurna dan dijauhkan dari segala bencana dan marabahaya.  Selamat menunaikan tugas yang amanahi oleh sekolah dan semoga kita bisa bergerak bersama-sama menampilkan kinerja terbaik.

(Cikarang Utara, 16 Juli 2021)

TINGGALKAN KOMENTAR