SEKILAS INFO
: - Jumat, 17-09-2021
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Atas dianugerahkannya Penghargaan Lencana Pancawarsa III Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat Tahun 2021 kepada Ka Mohammad Ilham Hasan (Kamabigus SMAN 2 Cikarang Utara)
SERENTAK BERGERAK, WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR

SERENTAK BERGERAK, WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR

Reportase: HUMAS SMAN 2 Cikarang Utara

Sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2021 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera di tengah krisis pandemi Covid-19 yang melanda tanah air pada tahun ini. Tujuan diselenggarakan  peringatanHari Pendidikan Nasional ini adalah:

a. untuk memperkuat komitmen seluruh indan pendidikan akan pentingnya dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa;

b. mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hajar Dewantara  dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa;

c. meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan.

Untuk itu, seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pusat, unit pelaksana teknis yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning, pegawai pemerintah provinsi kabupaten/kota yang berada di zona hijau dan kuning, serta para siswa dan mahasiswa, pendidik dan tenaga kependidikan, diimbau untuk mengikuti upacara.

Merujuk dari Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera tersebut, SMAN 2 Cikarang Utara, Kab. Bekasi menggelar upacara bendera secara luring/tatap muka. Pelaksanaan upacara dilakukan secara terbatas, minimalis, serta menerapkan protokol kesehatan. Hal ini dalam upaya penangkal penyebaran Covid-19 sesuai dengan standar pemerinta tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Pukul 08.00 WIB, upacara siap digelar. Peserta upacara terdiri dari perwakilan guru (Dwi Priyono, S.Pd., M.Si.; Saptu, M.Pd. ; Munabbi Riasah, S.Pd., M.Si. ; Lili Priyani, M.M.Pd. ; Nur Widhihastuti, S.Si. ; Fadlik Armansyah, S.Si. ; Leni Lustiawati, S.Pd.) , perwakilan tenaga kependidikan (Lia Mutiara, Entan Sukartinah, Joko Nugroho, Ade Supriatna,  Wulan Fitriani, Siti Fatimah, dan Any Suci). Pengurus OSIS, Paskribra, dan Paduan Suara OSIS SMAN 2 Cikarang Utara mengemban tugas sebagai petugas upacara. Para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan mengenakan baju adat. Peserta didik yang ditunjuk mengenakan baju batik bebas. Lapangan sekolah yang luas serasa sangat lengang karena keterbatasan jumlah peserta upacara.

Adapun susunan petugas upacara adalah sebagai berikut. 

Susunan Petugas Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021   Pemimpin Upacara : Alam Akbar Al-Fatah (XI IPA 4) Pemimpin Barisan : – Cikal Ayu Ningtias (XI IPA 2) – Dani Setiawan (XI IPA 5)   Pengibar Bendera : – Ika Wulandari (XI IPS 2) – Febriyanti (XI IPS 4) – Muhammad Irfan (XI IPA 4)   Pembaca UUD 1945 : Citra Nur Salvia (XI IPS 5) Pembaca Doa : Erlina Rosmawati (XI IPA 1) Pembawa Pancasila : Nur Sultonah (XI IPA 4) Protokol : Putri Ega Febrianti (XI IPA 2) Tura : Nirmala Junviar (XI IPS 1) Dokumentasi : – Cikal Ayu Ningtias (XI IPA 2) – Lintang Fatunnisa (XI IPA 2) – Rima Nuryuni Astuti (X IPS 5) Paduan Suara:  SEMULA

Kepala SMAN 2 Cikarang Utara, Drs. Mohammad Ilham Hasan bertindak sebagai pembina upacara. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah menyampaikan pidato Menteri Pendidikan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

“Di era pandemi Covid-19 ini kita tetap saja harus mendukung kegiatan belajar. Kita harus meneladani tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara yang telah menggagas Tut Wuri Handayani,” ungkap Pembina Upacara.

“Semoga pada tahun pelajaran 2021/2022 SMAN 2 Cikarang Utara sudah bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka terbatas sesuai dengan ketentuan yang berlaku’’ tutur Kepala Sekolah lebih lanjut.

Upacara berakhir pukul 09.15 WIB ditutup dengan penyerahan buku-buku karya Lili Priyani. Dua belas buku diserahkan penulis secara langsung kepada pihak sekolah dan diterima oleh Kepala Sekolah. Selanjutnya buku ini akan menjadi koleksi dan referensi literasi bagi seluruh warga sekolah.

Sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini yaitu ‘Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar’ maka seluruh warga SMAN 2 Cikarang Utara akan bersama-sama melancarkan aksi sesuai dengan tupoksi demi meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di lingkungan sekolah, yang selanjutnya akan berimplikasi pada kualitas sumber daya manusia Indonesia. Mari, wujudkan merdeka belajar dengan menghadirkan pembelajaran yang humanis dan berorientasi pada peningktan kompetensi peserta didik.  Laiknya amanah yang diinspirasikan oleh Pahlawan Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara melalui Tut Wuri Handayani.

(Cikarang Utara, 2 Mei 2021)

TINGGALKAN KOMENTAR