SEKILAS INFO
: - Selasa, 22-06-2021
  • 11 bulan yang lalu / Selamat Datang Calon Peserta Didik Baru SMAN 2 Cikarang Utara Tahun Pelajaran 2021-2022# Tata cara dan juknis pendaftaran dapat dilihat pada Kolom Pengumuman
ALL YOUR DREAMS WILL COME TRUE IF YOU STUDY HARD

ALL YOUR DREAMS WILL COME TRUE IF YOU STUDY HARD
Penulis : Humas SMAN 2 Cikarang Utara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Surat Edaran No. 1 Tahun 2021 menyampaikan peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19. Surat Edaran ini dikeluarkan berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat dan menunjukkan angka terpapar yang signifikan . Untuk itu, perlu diambil langkah responsif yang lebih mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.
Selanjutnya ditetapkan delapan poin penting yang berisi penentuan kelulusan siswa tahun2021 sebagai pengganti Ujian Nasional. Kedelapan penentuan kelulusan siswa tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Siswa menyelesaikan program pembelajaran di masa pendemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester;
  2. Siswa memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik;
  3. Siswa mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan;
  4. Ujian yang bisa dilakukan oleh satuan pendidikan , bisa dilaksanakan dalam bentuk: portofolio, penugasan, tes secara luring atau daring, bentuk kegiatan penilaian yang ditetapkan oleh satuan pendidikan;
  5. Selain ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan, peserta didik sekolah menengah kejuruan juga mengikuti uji kompetensi keahlian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  6. Penyetaraan bagi kelulusan program Paket A, program Paket B, dan program Paket C dilakukan sesuai dengan ketentuan tertentu;
  7. Kenaikan kelas dilakukan dengan beberapa kriteria . Ujian Akhir Semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh;
  8. Mengatur pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilaksanakan sesuai dengan Pemendikbud Nomor 1 Tahun2021.
    (Sumber : www.kemendikbud.go.id)
    Hari ini seluruh peserta didik Kelas XII semua program melaksanakan Ujian Sekolah. Ujian Sekolah dilaksanakan tanggal 29 – 31 Maret dilanjutkan tanggal 1 April, dan 5 – 8 April 2021 selama delapan hari.
    Di tengah wabah Covid-19 yang masih melanda, Ujian Nasional tahun ini diselenggarakan secara daring/online. Untuk SMAN 2 Cikarang Utara, memilih menggunakan aplikasi M-Tryout sebagai penyedia aplikasi berbasis online. Siswa terlebih dahulu meng-install aplikasi M-Tryout melalui Google Play Store, dilanjutkan dengan mengisi data-data. Pada saat akan melakukan ujian, peserta didik diberikan nomor token sebagai password untuk masuk aplikasi ujian. Seluruh soal yang diujiankan dibuat oleh guru pengajar. Setelah melalui verifikasi Tim Teknis dan Proktor, soal diunggah ke aplikasi.
    “Alur kerja yang relatif lebih simpel, menjadikan aplikasi ini kapabel untuk menunjang kegiatan ujian,” ungkap Pak Sukanta, S.Pd., M.Si. , salah seorang Tim IT terbaik di SMAN 2 Cikarang Utara yang sekaligus menjadi panitia US.
    “Ujian hari pertama ini berjalan dengan lancar meskipun ditemui beberapa kendala. Tetapi bisa diatasi dengan cepat. Kendala ini muncul terutama berkaitan dengan ketidaktahuan peserta didik, misalnya dalam proses penyelesaian ujian. Sehingga ada peserta didik yang meninggalkan ujian begitu saja, tanpa terlebih dahulu meng-klik ‘selesai ujian’. Meskipun begitu, semua jawaban peserta ujian, sudah tersimpan dalam aplikasi,” begitu penjelasan Dwi Priyono, S.Pd., M.Si. selalu Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum yang mengemban tugas sebagai Sekretaris Panitia.
    Tim Teknisi melakukan kendali dari ruang Call Center dilengkapi dengan komputer untuk melakukan pemantauan. Seluruh Tim bekerja sama dengan peserta ujian, wali kelas, panitia untuk mengawal kegiatan ini. Kolaborasi yang harmonis perlu diciptakan antara semua komponen demi kelancaran pelaksanaan ujian.
    “Peran serta Wali Kelas XII sangat diperlukan untuk membimbing dan memantau siswa binaannya agar Ujian Sekolah ini dapat berjalan sesuai harapan”, harap Kepala Sekolah di sela-sela melakukan pemantauan di lokasi Call Center yang bertempat di ruang rapat Kepala SMAN 2 Cikarang Utara, Bapak Drs. Mohammad Ilham Hasan, M.M.
    Pada hari pertama pelaksanaan US ini, Pengawas Pembina SMA, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah III hadir ke sekolah untuk melakukan pembinaan rutin sekaligus memantau pelaksanaan US secara langsung. Bapak H. Imas Suryana, M.Pd. sekaligus menyampaikan pengarahan dan pembinaan kepada para Panitia yang didampingi oleh Kepala Sekolah. Menurut Pak Isur (begitu beliau biasa disapa), Panitia Ujian Sekolah harus menyiapkan dan melengkapi dokumen laporan seperti persiapan (proposal kegiatan), laporan pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Dokumen ini akan bermanfaat sebagai kelengkapan berkas akreditasi sekolah.
    Bagi para siswa, inilah saatnya kalian akan membuktikan sejauh mana usaha yang sudah dilakukan. Persiapan sudah dilakukan, menelaah materi pelajaran yang diberikan oleh para guru, meluaskan pengetahuan melalui kegiatan belajar mandiri seperti melalui internet, semuanya dilakukan oleh peserta didik. Merancang cita-cita, menentukan arah kelanjutan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ataupun menetapkan hati untuk tidak kuliah (lebih memilih bekerja di perusahaan yang tersebar di wilayah sekitar) merupakan cara untuk memaknai masa depan.
    Bermimpilah, gantungkan asamu setinggi-tingginya! Namun, ingatlah bahwa semua mimpimu akan menjadi nyata jika kamu belajar keras dan bersungguh-sungguh. ‘All your dreams will come true if you study hard’.
    Selamat melukis pelangi kehidupan. Warnai masa depanmu dengan penuh keyakinan dan kepatuhan kepada Allah, Tuhan Yang Mahakuasa. Doa terbaik dari kami, para guru senantiasa mengiringi langkahmu menjelang masa gemilang.

(Cikarang Utara, 29 Maret 2021)

TINGGALKAN KOMENTAR