SEKILAS INFO
: - Selasa, 22-06-2021
  • 11 bulan yang lalu / Selamat Datang Calon Peserta Didik Baru SMAN 2 Cikarang Utara Tahun Pelajaran 2021-2022# Tata cara dan juknis pendaftaran dapat dilihat pada Kolom Pengumuman
UPACARA BENDERA VIRTUAL DAN PELANTIKAN PRAMUKA PENEGAK BANTARA AMBALAN SILIWANGI-FATMAWATI

UPACARA BENDERA VIRTUAL DAN
PELANTIKAN PRAMUKA PENEGAK BANTARA AMBALAN SILIWANGI-FATMAWATI

Reportase: Humas SMAN 2 Cikarang Utara
Lebih dari satu tahun kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dari rumah. BDR menjadi trending topic, terutama di kalangan pendidikan. Semua jenjang mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi, melaksanakna kegiatan belajar mengajar secara daring. Meskipun untuk situasi tertentu, ada beberapa lembaga di beberapa wilayah Indonesia, yang masih menggunakan sistem pembelajaran tatap muka atau mengombinasikan antara daring dan tatap muka secara langsung. Kondisi ini masih berlangsung hingga hari ini.
Upacara bendera yang lazim dilaksanakan setiap hari Senin, menjadi aktivitas yang tidak pernah dilakukan lagi. Lingkungan sekolah menjadi jarang dikunjungi, lapangan sekolah terasa sepi. Kesunyian menyergap hingga di seluruh lorong dan sisi sekolah. Hal ini tentunya memunculkan kerinduan terhadap sekolah. Kerinduan terhadap suasana jalannya upacara bendera, hari ini terobati.
Senin tanggal 22 Maret 2021, bertempat di lapangan SMAN 2 Cikarang Utara dilangsungkan upacara bendera secara virtual. Seluruh PNS, tenaga kependidikaan (ketatausahaan), perwakilan siswa kelas X, XI, dan XII, pengurus OSIS, pembina Pramuka, anggota Pramuka (terdata), berbaris di lapangan sekolah untuk mengikuti jalannya upacara.
Pukul 07.30 WIB upacara dimulai. Dengan petugas upacara dari siswa kelas XI dan XII, upacara dipimpin oleh Kepala Sekolah. Pengibaran bendera berjalan dengan khidmat dan tertib. Petugas pengibaran bendera dilakukan oleh anggota Paskibra yang melaksanakannya dengan penuh kesungguhan.
Usai pembacaan Pancasila yang diucap ulang oleh seluruh peserta upacara, pemimpin upacara menyampaikan kata sambutan.
“Pelaksanaan upacara ini sebagai pelatihan kita dalam rangka mempersiapkan pembelajaran tatap muka yang Insyaallah akan dimulai pada tahun ajaran baru yang akan datang. Setahun sudah kegitan belajar mengajar dilaksanakan dari rumah melalui daring. Kondisi ini membawa keprihatinan yang sangat mendalam. Mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini segera berlalu. Untuk itu, mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi menjadi hal yang perlu dipatuhi dan diikuti.”
Lebih lanjut kepala sekolah berpesan kepada para siswa, khususnya kepada peserta didik kelas XII yang sebentar lagi akan melaksankan Ujian Sekolah secara daring.
“Saya berharap seluruh siswa kelas XII sebanyak 371 siswa menggunakan waktu yang singkat ini untuk belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh. Tidak ada yang tidak bisa kita laksanakan bila kita mempunyai keinginan dan kemauan yang kuat. Kepada pesereta didik kelas X, dan XI belajarlah dengan baik untuk menghadapi Penilaian Akhir Tahun nanti”, demikian pesan Kepala Sekolah.
Usai pelaksanaan upacara bendera, acara berlanjut dengan Pelantikan Penegak Bantara Pramuka Ambalan Siliwangi-Fatmawati Angkatan ke-32 dan Angkatan ke-33. Prosesi pelantikan diawali dengan barisan pertama lalu barisan kedua, anggota Pramuka yang akan dilantik memasuki arena upacara didampingin oleh Kak Arfan Falfariq dan Kak Lita Febrianti. Selanjutnya pengambilan sumpah janji pelantikan sambil memegang bendera Merah Putih. Dipimpin oleh Pembina Upacara, pengucapan janji diucap ulang oleh seluruh anggota Pramuka yang dilantik.
Setelah itu, dilanjutkan dengan penyematan tanda Bantara. Penyematan ini dilakukan oleh Kepala Sekolah didampingi oleh para Wakil Kepala Sekolah dan Pembina Pramuka (Kak Fikriana Saleha dan Kak Dwi Andhika). Prosesi ini dirangkaikan dengan penyiraman air kembang sebagai simbol untuk penyucian diri. Air menjadi sumber kehidupan seperti halnya jiwa Pramuka yang akan menjadi sumber kebaikan bagi sesama. Secara bergantian Kepala Sekolah, diikuti oleh para Wakasek, dan Pembina Pramuka melakukan penyiraman kepada para anggota Pramuka yang dilantik.
Upacara ini juga disaksikan oleh seluruh peserta didik melalui kanal Youtube SMAN 2 Cikarang Utara pada tautan/link https://youtu.be/9rx5eVYfblU.
Pukul 09.00 WIB upacara berakhir, seluruh peserta upacara meninggalkan lapangan upacara dan melanjutkan aktivitasnya masing-masing. Teriring harapan agar pandemi Covid-19 segera berlalu agar seluruh warga sekolah bisa segera bersua dan bertatap muka di sekolah.

(Cikarang Utara, 22 Maret 2021)

TINGGALKAN KOMENTAR