SEKILAS INFO
: - Minggu, 28-02-2021
  • 7 bulan yang lalu / SMAN 2 Cikarang Utara bersiap menghadapi Akreditasi Sekolah Tahun 2021 — Di bawah Komando Bpk. Drs. Mohammad Ilham Hasan, MM — Semoga memperoleh Hasil Terbaik
SMANDA CITRA PEDULI SESAMA SEBAGAI DARMA BAKTI LEMBAGA

SMANDA CITRA PEDULI SESAMA
SEBAGAI DARMA BAKTI LEMBAGA

Reportase Humas SMAN 2 Cikarang Utara

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’un. Allaahumma ajirnii fii mushiibatii wa akhlif lii khairan minhaa.
Artinya: Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya (Hadis Riwayat Muslim).
Umat Islam juga dianjurkan membaca doa saat hujan deras dan khawatir akan terjadi banjir, seperti doa berikut ini.
Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allaahumma ‘alal aakaami wal jibaali, waz zhiraabi, wa buthaanil awdiyati, wa manaabitis syajari.
Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudaratkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon (Hadis Riwayat Imam Bukhari).
Berturut-turut bencana alam melanda kita. Curah hujan dengan intensitas tinggi, diperparah dengan kondisi alam yang tidak seimbang akibat ulah manusia, banjir terjadi. Wilayah Cikarang dan sekitarnya menjadi daerah terdampak banjir.
Keluarga besar SMAN 2 Cikarang Utara, beberapa di antaranya terkena musibah dari membludaknya debit air. Sebagai rasa empati dan perhatian bagi sesama teman, baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan, digagaslah aksi peduli sesama.
Kepala SMAN 2 Cikarang Utara, Drs. Mohammad Ilham Hasan, M.M. dalam pengarahannya di acara Rapat Anggota Tahunan Koperasi Guru dan Karyawan SMAN 2 Cikarang Utara hari Selasa tanggal 9 Februari menyampaikan gagasan ini. Penggalangan dana ini bertajuk ‘SMANDA CITRA PEDULI SESAMA’. Aksi sosial ini tidak hanya dilakukan oleh para tenaga pendidik dan kependidikan, tetapi juga diikuti oleh para siswa. OSIS SMAN 2 Cikarang Utara pun menggelar aksi serupa melalui panitia yang dibentuk oleh siswa.
“Pihak sekolah membuka donasi untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah atau bencana alam. Mari bersama-sama kita membantu dengan menyisihkan rezeki yang sudah kita peroleh. Semoga Ibu/Bapak tergerak untuk meringankan penderitaan sesama,” harapan Kepala Sekolah.
Usai imbauan Kepala Sekolah, seluruh anggota koperasi yang mengikuti RAT tergerak untuk menyumbang. Sampai beberapa hari kemudian sumbangan terus berdatangan, baik melalui transfer ke nomor rekening panitia yang ditunjuk Kepala Sekolah, secara tunai, maupun berupa bahan makanan (mie instan).
Hari ini Senin tanggal 22 Februari 2021 sumbangan mulai disalurkan. Kepala Sekolah langsung turun tangan menyerahkan bantuan. Setelah memimpin Rapat Persiapan Akreditasi Sekolah 2021, Kepala Sekolah didampingi Ibu Ade dan rombongan berangkat dari SMAN 2 Cikarang Utara menuju rumah teman guru yang terdampak banjir.
Bapak Mohammad Ilham Hasan, Pak Munabbi Riasah, Ibu Ade (istri Kepala Sekolah), Ibu Lia Mutiara, Ibu Nur Widhihastuti, Ibu Leni Lustiawati Dewi, Ibu Lili Priyani, Ibu Ratnasari, Ibu Supriani, dan Ibu Any Suci, mewakili warga sekolah menyerahkan donasi.
Rombongan menuju rumah Ibu Hajjah Khoeriyah dan Ibu Wulan yang beralamat di Perumahan Graha Asri (Kompleks Citanduy). Setelah itu, rombongan beralih ke Perumahan Cikarang Baru. Ibu Raiza Zenitya dan Ibu Hajjah Hamidah dikunjungi karena rumahnya terkena luapan air dari kali yang ada di kawasan Cikarang Baru.
Sepanjang perjalanan masih tampak sisa-sisa banjir yang menyebabkan tumpukan sampah dan gundukan tanah merah. Di kiri kanan jalan dan gang, para warga yang terdampak banjir sedang membersihkan rumah dan lingkungannya. Harta dan rumah mereka rusak diterjang air yang meruah merangsek kediamannya. Sungguh pemandangan yang mengharukan dan menyedihkan. Kami turut merasakan bagaimana duka yang menyelimuti para korban banjir.
“Melalui kegiatan SMANDA CITRA PEDULI menjadi bukti darma bakti sekolah bagi sesama. Semoga teman-teman yang terdampak banjir diberikan kesabaran dalam menerima ujian ini. Lalu, semoga Allah melimpahi kesehatan dan perlindungan bagi kita semua”, demikian harapan Kepala Sekolah di akhir kunjungan penyerahan donasi.
(Cikarang Utara, 22 Februari 2021)

TINGGALKAN KOMENTAR