SEKILAS INFO
: - Minggu, 28-02-2021
  • 7 bulan yang lalu / SMAN 2 Cikarang Utara bersiap menghadapi Akreditasi Sekolah Tahun 2021 — Di bawah Komando Bpk. Drs. Mohammad Ilham Hasan, MM — Semoga memperoleh Hasil Terbaik
SINERGITAS BERSAMA UNIVERSITAS

SINERGITAS BERSAMA UNIVERSITAS
Reportase Humas SMAN 2 Cikarang Utara
Pendidikan menjadi satu faktor penting di era globalisasi. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa pendidikanlah yang akan mampu menjawab persoalan yang diimplikasikan oleh globalisasi itu sendiri. Globalisasi pun merambah ke segala lini kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Meluasnya jangkauan pemikiran, wawasan, dan pengetahuan, disertai dengan penguasaan teknologi sebagai amunisi menghadapi era globalisasi, menjadi bagian penting.
Dalam upaya menghadapi tantangan global yang akan berekses pada segala bidang maka perlu dilakukan peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan di Indonesia mencakup input, proses, output, dan outcome (Sistem Pendidikan Nasional). Keempat kompenen tersebut harus saling melengkapi dan mendukung satu sama lain. Kompenen ini bermuara pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Peningkatan sumber daya manusia ini bisa dilakukan di sekolah sebagai penyelenggara pendidikan. Sekolah sebagai jembatan bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas masyarakatnya. Untuk menjalankan fungsinya sebagai lembaga yang berperan dalam peningkatan sumber daya manusia inilah, sekolah perlu melakukan kemitraan atau kerjasama dengan berbagai pihak di dalam maupun di luar sekolah.
Kemitraan dalam KBBI diartikan sebagai perihal hubungan (jalinan kerjasama) sebagai mitra. Dalam Wikipedia, kemitraan atau partnership adalah sebuah organisasi multipihak yang bekerja dengan badan-badan pemerintah, organisasi-organisasi internasional dan lembaga swadaya masyarakat untuk memajukan reformasi di tingkat lokal, nasional, dan regional.
Kemitraan dalam dunia pendidikan dapat terjalin antarlembaga pendidikan, baik pendidikan formal dengan nonformal, lembaga pendidikan dengan masyarakat, atau lembaga pendidikan dengan pihak swasta. Jalinan kerjasama ini didasari atas ‘saling’, saling membutuhkan, saling menguntungkan, saling membawa dampak positif dan saling percaya. Ini menjadi bagian penting agar kerjasama yang dibangun bisa bermanfaat bagi kedua pihak.
SMAN 2 Cikarang Utara sebagai sebuah lembaga pendidikan perlu melakukan terobosan untuk menyiapkan peserta didik berkualitas dan mampu menghadapi tantangan global. Satu usaha kolaboratif yang diretas adalah menjalin kemitraan bersama lembaga pendidikan tinggi.
Tujuan dari kemitraan ini adalah membuka peluang kerjasama yang baik sebagai bagian dari pemenuhan visi dan misi sekolah. Mempersiapkan peserta didik untuk memiliki kecakapan hidup dan memotivasi mereka agar melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, menjadi sasaran lain dari kemitraan ini. Untuk itu, peran serta lembaga pendidikan tinggi menjadi begitu bermakna.
Melanjutkan kerjasama yang sudah dibangun selama ini, hari ini SMAN 2 Cikarang Utara melakukan kemitraan bersama President University. Setelah beberapa hari yang lalu, pihak sekolah pun sudah menjalin kemitraan dengan Bina Saarana Informatika (BSI) dan Universitas Esa Unggul. Melalui perwakilan pihak sekolah, Lili Priyani selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Hubungan Masyarakat dan Nur Widhihastuti, menginisiasi pertemuan dengan pihak kampus. Bertempat di kampus Prsident University, wakil sekolah terima dengan baik oleh pihak kampus yang berlokasi di Jababeka, Cikarang Baru. Lokasi kampus yang tidak terlalu jauh dari sekolah, menjadikan kampus ini diminati oleh peserta didik. Setiap tahun ada saja siswa SMAN 2 Cikarang Utara yang diterima berkuliah di kampus ini.
Hari ini, Kamis tanggal 18 Februari 2021 terjadilah sinergitas dengan pihak universitas sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di SMAN 2 Cikarang Utara. Semoga upaya ini menjadi langkah baik bagi semua pihak.

(Jababeka, 18 Februari 2021)

TINGGALKAN KOMENTAR