SEKILAS INFO
: - Selasa, 07-07-2020
  • 4 jam yang lalu / Pengumuman Hasil Seleksi PPDB jalur Zonasi, Rabu 8 Juli 2020 pukul 14.00 WIB pada laman http://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/hasil-seleksi
Dies Natalis 33 & Expo Campus SMANDA

FIND YOUR PASSION, ACHIEVE YOUR DREAMS

DI DIES NATALIS SMANDA

Penulis:  Lili Priyani (Komunitas Guru Penulis Bekasi Raya/KGPBR)

         Hari Selasa tanggal 14 Januari 2020, SMAN 2 Cikarang Utara, Kab. Bekasi menginjak usia 33 tahun.  Usia yang paling membahagiakan. Seperti penuturan Donna Dawson, seorang ahli psikologi kepada wartawan Fox’s Washington, dikutip dari Daily Mail  Republika. Co. Id.,  mengatakan bahwa usia 33 tahun adalah waktu yang cukup untuk keluar dari kenaifan masa kanak-kanak dan sifat liar usia remaja tanpa kehilangan energi serta semangat masa muda. Kepolosan sudah hilang, tetapi rasa kenyataan bercampur dengan harapan kuat, semangat ‘dapat melakukan’ dan kepercayaan akan kemampuan dan bakat diri sendiri, demikian menurut Dawson. Dari beberapa responden mengakui bahwa pada usia tiga puluh tiga tahun, seseorang bisa melangkah tegap, memiliki keyakinan, dan lebih menarik.

         Menelisik makna usia 33 tahun di atas maka hal ini sangat berkorelasi dengan tema yang diangkat pada perayaan penanda bertambahnya usia SMAN 2 Cikarang Utara tahun 2020 ini yaitu Exploration : Fine Your Passion, Achieve Your Dreams. Bila diurai, filosofi tema ini bisa dijelaskan seperti berikut ini. Exploration (eksplorasi) berdasarkan Wikipedia disebut  penjelajahan atau pencarian adalah tindakan mencari atau melakukan penjelajahan dengan tujuan untuk menemukan sesuatu, misalnya daerah/hal  tak dikenal. Dalam konteks ilmiah, eksplorasi adalah salah satu dari tiga bentuk tujuan riset, sedangkan tujuan lainnya ialah penggambaran (deskripsi) dan penjelasan (eksplanasi). Dalam hal ini, eksplorasi adalah usaha untuk membentuk pengertian umum dan awal terhadap suatu fenomena.

         Untuk itu dalam peringatan 33 tahun SMANDA ini disuguhkanlah kegiatan yang tidak hanya selebrasi bertambahnya usia, namun lebih bermakna dengan parade perguruan tinggi yang dikemas apik dalam Campuss Expo atau pameran perguruan tinggi. Sebanyak 25 perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik berpartisipasi dalam Dies Natalis kali ini dengan membuka gerai yang menampilkan informasi akurat tentang perguruan tinggi. Ke-25 perguruan tinggi ini memang merupakan kampus yang sedang/telah ditempuh  oleh alumni dalam melanjutkan studinya setelah menuntaskan pendidikan SMA-nya. Beberapa perguruan tinggi yang hadir di SMANDA adalah UNPAD, UPI, UNAIR, IPB, UNDIP, UIN, ITERA, Universitas Pembangunan Nasional  Veteran Jawa Timur, UNSIKA, President University, Universitas Gunadarma,  STBA YAPARI Bandung, Politeknik Negeri Jakarta, dan UNTIDAR.

        Acara dibuka oleh pewara sekira pukul 08.30 WIB setelah tampilan praacara yaitu tampilan Ultras SMANDA Famiglia/Tim Futsal SMANDA dengan lagu Selamat Ulang Tahun yang diiringi alat musik drumband. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dirangkaikan dengan Mars SMAN 2 Cikarang Utara oleh Tim Paduan Suara SMANDA. Setelah itu pembacaan sejarah sekolah yang dibacakan oleh Bapak Drs. Saptu, M.Pd (Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana/Prasarana). Kepala Sekolah, Bapak H. Manda Trisudana, M.Pd. menyampaikan kata sambutan. Menurut beliau, usia 33 tahun adalah usia yang dewasa dan penuh kematangan dalam masa depan. Untuk itu, beliau berharap SMANDA semakin maju dan menunjukkan prestasi yang terbaik, tidak hanya unggul dalam kompetensi kognitif saja, melainkan juga memiliki akhlak atau perilaku mulia untuk meraih insan yang bertakwa. Hal ini, sesuai dengan visi sekolah yaitu unggul dalam prestasi;  santun dalam perilaku; memiliki kecakapan hidup; berwawasan global didasari keimanan dan ketakwaan. Di samping itu, Kepala Sekolah berharap agar peserta didik dan alumni bisa berkolaborasi dan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan misi sekolah yaitu 1) membina siswa dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan; 2) membina siswa dalam meningkatkan kemampuan akademik dan vokasioanal; 3) memberikan layanan prima; 4) menciptakan suasana kekeluargaan; 5) meningkatkan hubungan/kerjasama antara sekolah, orang tua, masyarakat, dan pemerintah; dan 6) menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sejuk, dan kondusif.

         Prosesi selebrasi  usia 33 tahun ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Sekolah didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum (Bapak Dwi Priyono, S.Pd., M.Si.) dan Wakil Kepala Sekolah Urusan Humas (Bapak Drs. H. Sujadi, M.Pd.). Potongan tumpeng ini diserahkan kepada dua  orang perwakilan guru yaitu Ibu Dra. Edah Jubaedah dan Bapak Drs. H. Asep Sutarsantana, M.Pd. Diiringi oleh tarian tradisoanal Sunda: Mapag Panganten (lagu Pajajaran) dirangkaikan dengan Tari Badaya yang ditampilkan dengan gemulai, seirama, dan menarik persembahan Ekskul Seni Tari SMANDA. Prosesi ini membuat acara semakin meriah. Seusai pemotongan tumpeng, sesi foto bersama menjadi daya tarik untuk membingkai momen atau peristiwa yang bersejarah bagi sekolah. Seluruh guru, staf tata usaha/tenaga administrasi sekolah mengambil posisi untuk mengabadikan diri dalam Dies Natalis tahun ini.

          Parade alumni yang masih tercatat sebagai mahasiswa di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta, ditampilkan dalam acara kali ini. Tujuan dari menampilkan para alumni ini adalah untuk memberikan motivasi kepada adik-adik mereka yang masih duduk di kelas X, XI, dan terutama bagi peserta didik kelas XII yang beberapa saat lagi akan  menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.   Sungguh peringatan ulang tahun yang tak biasa. Tak bermegah-megah, namun sarat makna terutama bagi peserta didik. Temukan gairahmu, raihlah mimpimu. Seperti  tema yang diusung  dalam dies natalis ke-33 tahun 2020 ini.

(Cikarang Utara, 16 Januari 2020)

1 komentar

Lili Priyani, Jumat, 24 Jan 2020

SMANDA YES!
SMANDA BISA!
SMANDA HEBAT!

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR