Dalam rangka mendukung kelengkapan informasi sekolah terkait tunjangan dan lainnya, dihimbau kepada seluruh guru untuk segera mengisi quesioner PMP (Pemetaan Mutu Pendidikan), paling lambat 30 September 2017

Kontak Kami


SMAN 2 CIKARANG UTARA

NPSN : 20253190

Jl Raya Lemahabang Desa Simpangan Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi 17550


info@sman2cikut.sch.id

TLP : 021-89106357


          

Jajak Pendapat

Setelah lulus SMA saya akan
Kuliah
Kerja
Kuliah dan kerja
Menikah
Belum tahu
  Lihat

Statistik


Total Hits : 57140
Pengunjung : 14975
Hari ini : 18
Hits hari ini : 62
Member Online : 9
IP : 54.224.102.26
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Kegiatan IHT Kurikulum 2013 Revisi




Dalam rangka penguatan pemahaman revisi kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Cikarang Utara dilakukan kegiatan In House Training yang berlangsung pada tanggal 21 s.d. 23 Agustus 2017 bertempat di gedung sekolah.


Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Instruktur Nasional dan Kepala Balai BP3 yang rencananya akan membuka acara ini.
















 



 

UPAYA MEMBENTUK INSAN SERTA EKOSISTEM PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN YANG BERKARAKTER DENGAN DILANDASI SEMANGAT GOTONG ROYONG MELALUI KEGIATAN IN HOUSE TRAINING (IHT) DAN WORKSHOP  KURIKULUM 2013 REVISI  SMAN 2 CIKARANG UTARA TAHUN 2017


        Di awali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kegiatan In House Training (IHT) dan Workshop Kurikulum 2013 Revisi  di SMAN 2 Cikarang Utara dimulai. Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 21 hingga 23 Agustus 2017 ini diikuti oleh seluruh guru dan staf Tata Usaha , berjumlah kurang lebih 90 orang. Pada acara pembukaan, Bapak Dwi Priyono, S.Pd., M.Si. selaku Ketua Pelaksana  menyampaikan laporan kegiatan. Selanjutnya, Kepala SMAN 2 Cikarang Utara, Bapak Manda Trisudana, M.Pd. menyampaikan kata sambutan. Bapak Wawan Hermawan, M.Pd. selaku Pengawas Pendidikan Menengah membuka kegiatan IHT dan Workshop sekaligus memberikan pengarahan secara singkat mengenai tugas pokok guru dan kebijakan pendidikan di lingkungan provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan ini, Ibu Ani, M.Pd. yang juga bertugas sebagai Pengawas Pendidikan Menengah  memperkenalkan diri  sehubungan dengan penugasan Beliau di wilayah II.


        Tepat pukul 09.00 WIB, seluruh peserta IHT menyimak materi pertama yang disampaikan oleh Bapak Drs. Ucu Sofyan Sauru, M.Pd. Sebelum memulai pemberian materi, peserta IHT mengikuti pretes sebagai tolok ukur kemampuan awal peserta. Tes awal ini berisi pertanyaan yang berjumlah 32 butir soal, terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda dan 2 soal uraian, konten pertanyaan adalah seputar Kurikulum 2013. Setelah satu jam berkutat menjawab semua soal, peserta IHT disilakan menikmati kudapan yang telah disediakan oleh Panitia. Beberapa selang waktu kemudian, materi pun dimulai.


        Dalam paparannya, narasumber menyampaikan mengenai kebijakan umum pembangunan pendidikan dan kebudayaan dengan 3 strategi . Strategi 1 yaitu penguatan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang meliputi menguatkan siswa, guru, kepala sekolah, pengawas, orangtua, dan pemimpin institusi dalam ekosistem pendidikan; memberdayakan pelaku budaya dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan; dan fokus kebijakan diarahkan pada penguatan perilaku yang mandiri dan berkepribadian. Strategi 2 yaitu peningkatan mutu dan akses yang meliputi meningkatankan mutu pendidikan sesuai lingkup standar nasional pendidikan; meneingkatkan ketersediaan serta keterjangkauan layanan pendidikan, khususnya bagi masyarakat yang terpinggirkan; serta fokus kebijakan didasarakan pada percepatan peningktan mutu dan akses untuk menghadapi persaingan global dengan pemahaman akan keberagaman, penguatan praktik, dan inovasi. Strategi 3 yaitu pengembangan efektivitas birokrasi melalui perbaikan tatakelola dan pelibatan publik yang meliputi melibatkan publik dalam seluruh aspek pengelolaan kebijakan dengan berbasis data, riset, dan bukti lapangan; membantu penguatan kapasistas tatakelola pada biroktasi pendidikan di daerah; mengembangkan koordinasi dan kerjasama lintas sektor di tingkat nasional; serta fokus kebijakan dimulai dari mewujudkan birokrasi Kemdikbud RI yang menjadi teladan dalam tatakelola yang bersih, efektif, dan efisien, serta melibatkan publik.


 


 


 


        Pada bagian lain, narasumber langsung melakukan tanya jawab bersama peserta. Beberap hal yang bisa disimpulkan dari tanya jawab ini adalah sebagai berikut. Dalam kurikulum 2013 Revisi terkandung Kompetensi  Abad  21 yang  memuat:



  1. 4 C yaitu Critis, Creative, Communicative, dan Collaboration

  2. Program literasi

  3. Penguatan karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas

  4. HOTS (Higher Order Thingking Skills)


 


Di samping itu, disampaikan pula beberapa hasil perbaikan dokumen kurikulum 2013 yang meliputi :



  1. nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap ‘Kurikulum 2013 Edisi Revisi’ yang berlaku secara Nasional.

  2. penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya mata pelajaran Agama dan PPKN namun  ‘KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP’.

  3. jika ada 2 ‘nilai praktik’ dalam 1 KD maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi.

  4. penghitungan ‘nilai ketrampilan’ dalam 1 KD ditotal (praktik, produk, portofolio) dan diambil nilai rerata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.

  5. pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya  metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan. ‘Silabus kurikulum 2013’  edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom, yaitu  ‘KD, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran’.

  6. perubahan ‘terminologi’ ulangan harian menjadi ‘penilaian harian’, UAS menjadi ‘penilaian akhir semester’  untuk semester 1 dan ‘penilaian akhir tahun’  untuk semester 2.  Sudah tidak ada lagi UTS, langsung ke penilaian akhir semester.

  7. dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).

  8. skala penilaian menjadi  1-100. ‘Penilaian sikap’ diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.

  9. remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.


 


 Paparan dari narasumber berakhir pada pukul 15.00 WIB.


 


        Kegiatan IHT dilanjutkan dengan workshop pada hari kedua. Dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya,  seluruh peserta menumbuhkembangkan sikap nasionalisme sebagi wujud karakter dan budi pekerti  seperti yang diamanatkan dalam kurikulum 2013. Narasumber yang ditampilkan pada workshop ini adalah Ibu Dra. Sri Yarti, M.Pd. Beliau mengawali paparannya dengan mengampaikan paradigma yang muncul dalam kurikulum 2013 yang menjadi ciri pembeda dengan kurikulum sebelumnya. Pada pembahasannya, Beliau lebih berfokus pada rancang bangun RPP. Seperti yang diharapkan pihak sekolah bahwa seluruh guru yang mengikuti workshop ini mampu merumuskan RPP sesuai dengan Kurikul 2013 Revisi secara tepat dan sesuai dengan silabus yang merupakan acuan dan landasan pijak pembuatan RPP.


        Banyak pertanyaan yang diungkapkan oleh guru ketika narasumber  melakukan pembahasan tentang penyusunan  RPP ini. Beberapa penanya seperti  Ibu Nurwidhi,  Bapak Sukanta,  Bapak Slamet Budiarto, Ibu Patriah, Bapak Saptu, dan Bapak Dwi Priyono  secara teknis mengharapkan jawaban untuk   keakuratan  dalam perancangan RPP setiap mata pelajaran yang diampu.


        Setelah istirahat (isoma), kegiatan workshop dilanjutkan dengan kerja kelompok untuk perakitan RPP. Dalam kerja kelompok ini, peserta dibagi menjadi 4 kelompok besar yaitu Kelompok Mapel A (Umum), Kelompok Mapel B (Umum), Kelompok Mapel Peminatan, dan Kelompok Lintas Minat. Setiap kelompok diharapkan membuat rancangan RPP yang akan dipresentasikan pada hari ketiga. Kegiatan hari kedua ini, berakhir pada pukul 15.30 WIB.


        Tibalah saatnya hari ketiga dari rangkaian kegiatn IHT dan workshop Kurikulum 2013 Revisi ini. Seperti dua hari sebelumnya, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dipimpin langsung oleh Pembawa Acara, Bapak Munabbi Riassah, M.Si. Pada hari ketiga workshop, peserta akan menyimak presentasi tugas kelompok yang sudah disiapkan sejak kemarin siang  dalam bentuk RPP. Presentasi kelompok ini ditampilkan secara berurutan mulai dari kelompok pertama, yaitu kelompok mapel A (Umum) disampaikan oleh Ibu Ipah Siti Siratul M. (mata pelajaran Bahasa Inggris), kelompok mapel B (Umum) disampaikan oleh Bapak Asep Sutarsantana dan Bapak Andika (mata pelajaran Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan, kelompok mapel  peminatan diwakili oleh Ibu  Nurwidhiastuti  (mata pelajaran Biologi) dan terakhir dari kelompok mapel lintas minat dipaparkan oleh  Ratnasari dan Ibu Ernawati (mata pelajaran Ekonomi).


        Setelah itu, kegiatan workshop dilanjutkan dengan pemaparan program sekolah. Di mulai dari pemaparan Program Literasi yang disampaikan oleh Ibu Lili Priyani, pemaparan Program  Budi Pekerti disampaikan oleh Bapak Dadan Suarya Praja, pemaparan Program Kurikulum Sekolah  disampaikan oleh Bapak Dwi Priyono dan Bapak Munabbi Riasah, pemaparan Program Kesiswaan disampaikan oleh Ibu Edah Jubaedah dan Ibu Patriah, pemaparan Program Sarana dan Prasarana disampaikan oleh Bapak Fadlik Armansyah, dan terakhir pemaparan Program Humas oleh Bapak Sujadi.


        Sementara itu, masih di hari ketiga IHT dan workshop yang merupakan hari terakhir, semua staf Tata Usaha juga melakukan konsolidasi program kerja tata usaha dan penguatan kinerja karyawan untuk memaksimalkan semua pembagian kewenangan dan tupoksi masing-masing karyawan.


        Bapak Drs. H. Sujadi,M.Pd. mewakili kepala sekolah yang sedang melaksanakan ibadah rukun haji ke tanah suci, menutup kegiatan IHT dan workshop ini, tepat pada pukul 15.00 WIB. Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah, Tuhan Yang Maha Esa, kegiatan IHT dan workshop Kurikulum 2013 Revisi sudah terlaksana sesuai dengan ikhtiar kerja bersama.


“When a person really desires sometthing, all the universe conspirates to help that person to realize his dream. Ketika seseorang benar-benar menginginkan sesuatu, seisi alam semesta akan turut  bersekongkol untuk membantu orang itu demi mewujudkan impiannya”


SMANDA YES


SMANDA BISA


SMANDA LUAR BIASA


 


Cikarang Utara,  23 Agustus 2017


TIM GLS SMAN 2 CIKARANG UTARA 


    


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas